Pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020, Polsek Watulimo Siapkan Pos Pam

Polres Trenggalek – Dalam pelaksanaan giat Operasi Lilin Semeru 2020, Kepolisian Sektor Watulimo Polres Trenggalek telah menyiapkan 1 (satu) pos pengamanan guna memberikan pengamanan dan pelayanan masyarakat dalam merayakan libur Natal 2020 dan tahun baru 2021, meski pada kegiatan tahun ini berbeda dari yang sebelumnya yang mana masih dalam situasi pandemi Covid-19. Senin (21/12).

Seperti terlihat sejak kemarin, sejumlah personel Polsek Watulimo nampak sibuk mempersiapkan Pos Pam yang berada di pintu masuk lokasi wisata Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Ditemui di lokasi Pos Pam Prigi, Wakapolsek Watulimo Polres Trenggalek Ipda Cikini, S.Pd mengatakan bahwa mulai hari Senin tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 4 Januari 2021 Kepolisian menggelar Operasi Lilin Semeru 2020 dengan sasaran pengamanan dan pelayanan perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021 di tengah pandemi Covid-19 sehingga Pos Pam ini sudah mulai ditempati.

“Kami sudah melakukan pemetaan daerah rawan ancaman gangguan Kamtibmas dan meningkatkan berkoordinasi dengan instansi terkait tentang pelaksanaan giat pengamanan, yang nantinya petugas gabungan akan menitik beratkan kegiatan simpatik dalam hal penerapan protokol kesehatan,” ujar Ipda Cikini.

Lebih lanjut Wakapolsek juga menyampaikan bahwa selama pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020 ini, Polsek Watulimo Polres Trenggalek akan menyiagakan dua pertiga kekuatan setiap harinya untuk memberikan pelayanan dan pengamanan diwilayah yang pada tiap musim liburan selalu menjadi jujugan wisatawan ini.

“Mengingat wilayah Kecamatan Watulimo merupakan destinasi wisata utama yang ada di Kabupaten Trenggalek, sehingga kami tidak ingin terjadi yang namanya gangguan Kamtibmas, kami harus tampil all out dalam pelaksanaan Operasi terpusat ini,” tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji S.H menambahkan bahwa pihaknya sudah meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan kegiatan Ops Kepolisian terpusat ini, yang mana pada tahun ini sasaran operasi lebih difokuskan dalam rangka penertiban protokol kesehatan yakni mencegah terjadinya kerumunan masyarakat yang bisa menyebabkan transmisi penyebaran Covid-19.

“Semoga dengan kesiapsiagaan kami ini, kegiatan ibadah dan perayaan tahun baru 2021 dapat berjalan aman dan Lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas AKP Suraji.