Jaga Ekosistem Alam, Tiga Pilar Senden Reboisasi Hutan Bersama Warga

Polres Trenggalek – Bersama masyarakat desa Senden, unsur tiga pilar desa yang terdiri dari Kades Senden, Bhabinkamtibmas Desa Senden, dan Babinsa Senden kemarin menggelar kegiatan penghijauan dengan menanam bibit pohon di area telaga Mapahan Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Minggu (27/12).

Reboisasi kawasan Telaga Mapahan tersebut dilakukan untuk menjaga keasrian alam telaga Mapahan serta untuk menjaga sumber air bersih yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar kawasan tersebut.

Bripka Imron Rosyadi saat ditanyai tim redaksi mengatakan “ekosistem lingkungan harus selalu dijaga. Oleh karenanya seluruh elemen masyarakat harus selalu peduli terhadap lingkungan sekitar dan juga hutan sebagai penyangga kehidupan para warga”, ucap Bripka Imron.

Selain untuk menjaga pasokan air bersih, proses penghijauan ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor ataupun banjir. Masyarakat sudah pasti tahu dan tentu tidak ingin menangung resiko dari kegundulan hutan yang dapat mengakibatkan terjadinya tanah longsor, berkurangnya habitat bagi binatang – binatang liar, dan tidak kalah pentingnya adalah berkurangnya volume air sebagai sumber kehidupan masyarakat terutama air minum selain untuk keperluan rumah tangga, perkebunan, persawahan, perikanan, pariwisata, dan lain sebagainya”, imbuhnya.

Pihaknya berharap, selain bisa menjaga ekosistem lingkungan, pohon-pohon tersebut dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar. Untuk itu, ia juga meminta seluruh elemen masyarakat setempat dan juga warga sekitar lahan yang ditanami agar ikut berperan menjaga keberlangsungan pohon tersebut.