Kerjasama TNI-Polri Tegakkan Disiplin Ciptakan Efek Kesadaran Protokol Kesehatan

 

Polres Trenggalek – Pihak Kepolisian bersama TNI di Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek terus bekerjasama dalam upaya membantu Pemerintah Daerah untuk memberikan perlindungan kesehatan ditengah aktivitas masyarakat dengan melakukan penindakan guna menegakkan disiplin terhadap protokol kesehatan sebagai upaya penanggulangan penyebaran corona virus diseases (covid-19).

Seperti dilakukan kali ini oleh petugas gabungan TNI dari Koramil 13 Dongko dan personel Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek yang dikendalikan Kanit Provos Polsek Dongko AIPDA Joni Dwi Cahyanto bersama Batuud Koramil 13 Dongko yang menggiatkan public addres sekaligus operasi penertiban dan yustisi yang berlokasi di jalan raya Dongko -Panggul Trenggalek tepatnya pertigaan barat pasar Dongko

Disana, petugas gabungan tersebut melakukan penjaringan kepada masyarakat yang abai dalam hal menjalankan protokol kesehatan diantaranya tidak menggunakan masker saat beraktivitas.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan bahwasanya kegiatan penertiban adalah untuk optimalisasi pendisiplinan sebagai perlindungan kesehatan terhadap masyarakat.

“Dalam kegiatan penegakan aturan disiplin tersebut mengacu pada Inpres No.6 tahun 2020 sebagai bentuk perlindungan kesehatan, dan optimalisasi pendisiplinan, sehingga masyarakat sebagai pelanggar disiplin akhirnya bisa sadar sehingga patuhi aturan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran covid-19.” Jelasnya.

Selain itu dalam penerapan sangsi atau hukuman sosial juga tertulis dari penegakan disiplin sedikit banyak akan mempengaruhi kwalitas cara bertindak masyarakat terhadap kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan untuk kemaslahatan bersama. Tegas Kapolsek Dongko.