Permasalahan Sengketa Lahan Waris Acap Kali Terjadi, AKP Tri Basuki : Kembali Ukur Lahan yang Disengketakan

Polres Trenggalek – Tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan, dapat diambil langkah melalui jalur hukum maupun secara kekeluargaan, seperti halnya kali ini Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki S.H. Didampingi Wakapolsek Ipda Suparno, Kanit Reskrim Aipda Suwarto serta tiga pilar Desa Kerjo Kecamatan Karangan, melakukan Mediasi penyelesaian permasalahan warga, “Sengketa Permasalahan Lahan Waris” Kehadiran Petugas Kepolisian dalam hal ini Kapolsek Karangan, didampingi tiga pilar desa. tentunya sangatlah diharapkan hadir di tengah-tengah masyarakat menjadi penengah dalam memecahkan setiap permasalahan antara warga.

Sesuai dengan tupoksi setiap anggota polisi mengemban tugas selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat harus dapat menjadi penengah setiap permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat seperti menyelesaikan selisih paham antar warga atau keluarga yang ada di tiap-tiap desa.

Awal permasalahan warga/keluarga, merupakan sengketa lahan warisan orang tua,yang menurut salah satu ahli waris pembagiannya tidak sama juga Kedua belah pihak bersikeras dengan pendiriannya dan merasa benar dengan pendapatnya masing-masing. Selaku petugas kepolisian Pengemban fungsi Harkamtibmas, mengupayakan penyelesaian masalah dengan cara kekeluargaan ataupun secara musyawarah untuk mufakat tanpa merugikan salah satu pihak.

Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki, setelah mendengarkan keterangan dari semua pihak, langsung mengambil langkah untuk melakukan pengukuran ulang lokasi lahan yang di Sengketakan, masing-masing yang bersangkutan membawa bukti kepemilikan yang sah atas lahan tersebut, setelah dilakukan pengukuran di lokasi, tidak ada pergeseran patok pembatas, atau sudah sesuai dengan ukuran gambar yang tertera dimasing-masing sartifikat bukti kepemilikan.

Permasalahan seperti ini memang kerap terjadi hampir setiap daerah, walaupun sepele memang sering berbuntut panjang. apalagi permasalahan ini merupakan masalah keluarga, seharusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan Padahal setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan baik-baik dengan jalan musyawarah untuk mufakat, namun apabila tidak bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan maka kami akan proses sesuai dengan ketentuan hukum Pidana maupun Perdata ”ucap Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki.

Berbekal dari prinsip tak ada masalah yang tak terselesaikan tanpa merugikan salah satu pihak dengan musyawarah yang cukup alot, akhirnya permasalahan dapat kita selesaikan.”Alhamdulillah permasalahan sudah kami selesai dan tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun juga, dan mudah-mudahan dengan dibuatnya surat pernyataan yang sudah disepakati bersama tidak ada permasalahan dikemudian hari.”tambahnya.

“Terimakasih kepada Bapak Kapolsek Karangan juga kepada semua pihak berkat kerjasama dengan semua yang hadir di sini, Permasalahan dianggap selesai, Kedepan kami mengharapkan, kinerja yang semakin meningkat dari pihak kepolisian khususnya Polsek Karangan dan hubungan silaturahmi dengan masyarakat makin erat, selalu bisa membantu menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di warga kami khususnya warga Desa Kerjo.”ujar mbah Rebo selaku Kepala Desa Kerjo.