Bantuan Langsung Tunai DD Desa Pakel Dicairkan

Polres Trenggalek – Selasa ( 29/12 ), pada pukul 08.00 Wib bertempat di Balai Desa Pakel, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek dilaksanakanya kegiatan Pembagian BLT-DD ( Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) dari Desa Pakel.

 

Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu, mengacu pada atau berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan untuk Penanganan dan Penyebaran Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Desa, di mana ditentukan bahwa melalui penggunaan Dana Desa dapat digunakan untuk bantuan langsung tunai kepada penduduk miskin di desa, diperlukan penyesuaian Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tersebut. Dengan demikian, adanya Permendes Nomor 6 Tahun 2020 merupakan perintah untuk melakukan refocusing kegiatan dan anggaran, yang menyesuaikan dengan prioritas akibat maraknya covid-19.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa Pakel beserta perangkat, Ketua BPD beserta anggota, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Desa Pakel Bripka Siswanto, BABINSA Koramil 0806/10 Pule Serda Boyatno dan 32 Orang yang mengambil bantuan.

Bripka Siswanto mengatakan dalam pendistribusian BLT Dana Desa dibagikan dengan Jumlah uang yang diterima
Rp 300 ribu. Sedang kan Jumlah orang yang berhak 32 orang mengambil langsung di lokasi.

Seperti kegiatan lainya, dalam kegiatan pembagian BLT Dana Desa sebelumnya acara dibuka oleh Kades Pakel Paimin dan dilanjutkan Pembagian BLT-DD kepada warga yang berhak. Hal itu dikatakan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Siswanto dalam mengikuti kegiatan.

” Secara umum kegiatan berjalan lancar dan aman,” ucapnya.