Forkopimda Trenggalek Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru

Polres Trenggalek – Forkopimda Trenggalek memimpin langsung jalannya apel persiapan dan kesiapan pengamanan malam tahun baru yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek. kamis, (31/12).

Apel pengamanan malam pergantian tahun ini diikuti oleh ratusan personel gabungan, baik dari personel Polres Trenggalek, Kodim 0806, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Orari, Rapi, Senkom hingga peleton Pramuka.

Dalam amanatnya, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, pengamanan malam tahun baru kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana dilaksanakan dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang berlum berakhir.

Untuk itu, pihaknya meminta seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk bekerja ekstra keras. Selain memberi rasa aman  dan nyaman masyarakat juga melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan pengawasan ketat protokol kesehatan.

Dihadapan peserta apel, orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini menegaskan bahwa Bupati Trenggalek telah menerbitkan surat edaran nomor: 065/5059/406.003.2/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang antisipasi penyebaran Covid-19 pada libur Natal 2020, malam pergantian tahun dan libur tahun baru 2021.

“Ada pembatasan aktivitas pada jam malam mulai pukul 20.00 Wib sampai dengan 04.00 Wib dari tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021. Hal ini wajib kita pastikan dipatuhi guna menekan laju penyebaran Covid-19.” Jelas AKBP Doni.

Disamping itu lanjut AKBP Doni, Kapolri telah menerbitkan Maklumat nomor: Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, tanggal 23 Desember 2020.

Maklumat Kapolri tersebut bertujuan untuk memutus dan mencegah rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 saat libur panjang akhir tahun, apalagi saat ini penambahan angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Trenggalek masih menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

“Laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Keselamatan masyarakat ada dipundak kita semua” Ujar AKBP Doni.

Senada, Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin mengatakan, dengan pengamanan ekstra ketat pihaknya berharap Pergantian tahun berjalan dengan aman dan sehat serta tidak ada kluster Covid-19 baru. Pihaknya juga mengajak semua anggota yang hadir untuk membantu sosialisasi terkait penutupan lokasi wisata dan pemberlakuan jam malam mulai tanggal 31 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Semoga tahun baru 2021 kita semua menjadi lebih baik dan lebih maju dari tahun sebelumnya.” Ucap Bupati muda yang akrab disama gus Ipin ini.

Sementara itu, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol. menekankan pihaknya memberikan dukungan penuh atas langkah-langkah yang diambil oleh Pemkab maupun Polres Trenggalek.

Menurutnya, kerumunan yang timbul dari perayaan tahun baru ini sangat riskan berpotensi menjadi media penularan maupun kuster baru.

“Kepada para petugas, tetap semangat dan jaga kesehatan serta keselamatan. Yakinlah bahwa perbuatan baik sekecil apapun akan bernilai ibadah.” Pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk pengamanan malam tahun baru hingga esok hari, Polres Trenggalek menerjunkan sedikitnya 328 personel jajarannya. Perkuatan tersebut belum ditambah personel dari Kodim 0806 dan stakeholder terkait, petugas Pos pengamanan hingga pasukan cadangan yang berjumlah ratusan orang.