Gabungan TNI – Polri dan Satpol PP Gencarkan Melakukan Operasi Penerapan Prokes

Polres Trenggalek – Penerapan disiplin protokol kesehatan melalui Operasi Yustisi di sejumlah tempat di wilayah Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek terus dilakukan, Puluhan petugas dari kepolisian sektor Karangan bersama aparat TNI dari Koramil dan Satpol PP Karangan menggelar penertiban. Operasi ini sengaja dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Pada pelaksanaan operasi kali ini dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Karangan Ipda Widarto S.H bersama unsur terkait. kecamatan Karangan ini terdapat banyak warung, kafe dan tempat nongkrong, yang berpotensi menjadi tempat kerumunan, Cluster Baru penyebaran Covid-19.

Sebelum pelaksanaan operasi Kanit Binmas menyampaikan bahwa operasi yustisi tidak hanya di tempat tertentu tetapi juga menjangkau seluruh wilayah kecamatan Karangan bahkan di Desa-Desa sekalipun. Tujuannya adalah mendisiplinkan masyarakat tentang kewajiban menerapkan protokol kesehatan.” Tegasnya.

Puluhan petugas gabungan tim penegak disiplin Protokol kesehatan dan Covid-19 Kecamatan Karangan, ini langsung bergerak menuju titik lokasi yang telah ditentukan sebelumnya. sejumlah warga yang tak mengenakan masker ataupun melanggar langsung diberikan tindakan Sangsi berupa, teguran lesan, Sangsi administrasi, pengucapan Pancasila, dan juga menyanyikan lagu indonesia raya.

Ipda Widarto menambahkan, Operasi yustisi merupakan implementasi dari Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub Jatim nomor 53 tahun 2020 dan Perbup Trenggalek nomor 31 tahun 2020, dimana petugas secara tegas memberikan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

“Hal ini dilakukan tentunya harus dibarengi dengan peningkatan disiplin tinggi dan konsistensi menerapkan protokol kesehatan, sehingga harapan dari kita semua, semoga Virus Corona Covid-19 ini segera berakhir.” Ungkap Kanit Binmas Ipda Widarto.