Peresmian KTS Desa Sambirejo, Kapolres Trenggalek: Tingkatkan Peran Warga Cegah Penyebaran Covid-19

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menyikapi serius meningkatnya angka terkonfirmasi Covid-19. Berbagai langkah strategis telah dilakukan. Salah satunya dalah dengan mengoptimalkan efektifitas Kampung Tangguh Semeru (KTS) sebagai pencegahan berbasis kawasan.

Hari ini, Polres Trenggalek kembali meresmikan satu lagi kampung tangguh semeru tepatnya di Desa Sambirejo Kecamatan Trenggalek. persemian ditandai dengan pemotongan pita, pelepasan balon  dan pemukulan gong oleh jajaran Forkopimda disaksikan oleh sejumlah undangan yang hadir. Rabu, (13/1).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek meningkat cukup signifikan. Oleh sebab itu diperlukan peran serta dari semua lapisan masyarakat untuk bergotong royong, bersama-sama menangkal paparan virus berbahaya tersebut.

“Ada 60 Kampung Tangguh Semeru yang sudah kita rintis. Konsep dasar dari Kampung Tangguh Semeru ini adalah pemberdayaan masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19. Dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.” Jelas AKBP Doni.

AKBP Doni menuturkan, bahaya Covid-19 adalah nyata. Pihaknya meminta agar warga yang berada di kawasan kampung Tangguh ini bisa menjadi teladan dan barometer bagi desa yang lain dalam penerapan protokol kesehatan.

Pihaknya mengimbau agar meningkatkan sinergitas dalam penanganan Covid-19. Kapolres muda dan dikenal murah senyum ini juga mengingatkan Satgas Covid-19 untuk lebih menggiatkan pengawasan khususnya potensi kerumunan. Dalam prosesnya bisa berkolaborasi dengan unsur 3 pilar setempat agar berjalan optimal.

“Disiplin protokol kesehatan adalah kunci untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19” Imbuhnya.

Tak ketinggalan, pihaknya juga meminta agar masyarakat mematuhi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sesuai dengan Keputusan Bupati Trenggalek nomor: 188.45/28/406.001.3/2021 tanggal 11 Januari 2021 guna pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Doni bersama jajaran Forkopimda dan tamu undangan lainnya meninjau beberapa fasilitas pendukung KTS diantaranya lumbung pangan, ruang isolasi dan ruang Posko serta menyerahkan sejumlah bantuan yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan KTS.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0806 Trenggalek yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Sapto Tiarso, Bupati Trenggalek diwakili oleh Sekda . Ir Joko Irianto MSi., Muspika Trenggalek, Kepala Puskesmas Trenggalek, Tiga Pilar Se Kecamatan Trenggalek serta tokoh masyarakat setempat.