Tidak Sekedar Ke Warkop, Imbauan Kamtibmas Diberikan

Polres Trenggalek – Cangkruk bersama unsur Polisi, TNI Koramil 0806/10 Pule, warga dan millenial di emprak sang ulung utara Koramil 0806/10 Pule, itu pada malam kemarin. Rabu ( 13/1 ).

Dalam percakapan yang santai kemarin membahas tentang adanya peran warga dalam mendorong Kamtibmas saat ini. Gangguan Kamtibmas bisa terjadi dalam dunia nyata dan ada juga yang berasal dari jejaring dunia maya melalui Medsos.

Pengertian Kamtibmas menurut Pasal 1 Undang-undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 disebutkan bahwa pengertian Kamtibmas adalah Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Salah satu dari ancaman gangguan yang ada saat ini adanya kabar Hoax, “ Kita sampaikan gunakan adanya media sosial yang ada dengan cerdas, jangan sampai menggunakan media sosial yang berujung pada urusan hukum. Ini namanya mereka belum “ be smart “ dalam bermedsos. Boleh dalam bermedsos dengan menggalang pertemanan dan juga memberikan informasi asalkan bisa dipertanggungjawabkan, “ kata petugas saat dialogis.

Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, media sosial merupakan barang yang digunakan dalam berinteraksi antara sosial melalui dunia internet atau cyber.