Disiplin Kuat, Kesadaran yang Tinggi, Kunci Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Polres Trenggalek – Operasi yustisi covid-19 terus digelar di wilayah hukum Polsek Karangan Polres Trenggalek. Hal ini menindak lanjuti terus meningkatnya jumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 diwilayah Kecamatan Karangan, Sabtu (16/01).

Penertiban dalam penggunaan masker melalui operasi yustisi digelar secara gabungan bersama Stakeholder, TNI, Polri, Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan dengan dipimpin langsung oleh Kapolsek Karangan Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H.

Kapolsek memberikan arahan mekanisme dalam pelaksanaan operasi yustisi, yang berlokasi di Jalan Raya Karangan – Trenggalek, Selatan Traffic Light simpang empat Karangan, Area Pasar Desa/Kecamatan Karangan.

“Sasaran operasi Yustisi Covid-19 tidak lain dalam menekan masyarakat untuk mematuhi disiplin protokol kesehatan dengan melakukan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain terlebih ketika berada di tempat umum,” ujar Kapolsek Karangan.

“Memberikan pemahaman kepada masyarakat ataupun para pelanggar akan pentingnya gunakan masker baik saat berada dirumah maupun ditempat umum untuk mencegah penyebaran covid-19. Sosialisasi pada masyarakat lelah dilaksanakan.

Selanjutnya diberlakukan penerapan Pergub No : 53 tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 serta Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, Dan Pelindungan Masyarakat, apabila tidak menggunakan masker mendapat hukuman sanksi denda,” pungkas Kapolsek Karangan.

Dalam pelaksanaan operasi yustisi tersebut ditemukan beberapa masyarakat yang tidak menggunakan masker, petugas pun mengingatkan serta memberikan masker secara gratis dan mengingatkan untuk mematuhi 3M demi kesehatan dan keselamatan bersama.