Gelar Penertiban Prokes di Pasar Gandusari Cegah Munculnya Cluster Baru

Polres Trenggalek – Mulai diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)  di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek, membuat jajaran Forkopimca Kecamatan Gandusari bergerak cepat merespon aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah daerah tersebut. Salah satunya yaitu pelaksanaan operasi yustisi oleh petugas gabungan untuk menegakkan penerapan protokol kesehatan di tempat umum yang biasa didatangi masyarakat.

Seperti yang dilakukan pagi ini, personil gabungan dari Polsek Gandusari, Koramil 0806/06 Gandusari dan Pol PP Kecamatan Gandusari yang dipimpin Kanit Binmas Polsek Gandusari Aiptu Purwandari melaksanakan operasi yustisi serta penertiban pemakaian masker di Pasar Kecamatan Gandusari. Jumat (22/01)

“Ini merupakan langkah preventif kita dalam hal pencegahan penyebaran virus Covid 19, serta jangan sampai muncul cluster baru penyebarannya terutama di tempat umum,” ujar Aiptu Purwandari.

Ia juga menambahkan bahwa saat penertiban berlangsung, petugas masih menemukan beberapa masyarakat yang beraktifitas di tempat umum tersebut tanpa memakai masker.

“Untuk efek jera kita ganjar masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan dengan sangsi yang edukatif seperti mengucapkan pancasila maupun menyanyikan lagu nasional,” imbuhnya.

Dikonfirmasi redaksi melalui sambungan telepon selulernya Kapolsek Gandusari AKP Sutrisno, S. H. juga membenarkan apa yang telah dilaksanakan anggota Polsek Gandusari ini sebagai rutinitas setiap hari.

“Memang sudah saya tekankan kepada anggota bahwa Polsek Gandusari yang bersinergi dengan Koramil Gandusari dan Pol PP Kecamatan Gandusari sebagai garda terdepan pencegahan penyebaran virus Covid 19 harus rela blusukan ke pasar maupun tempat keramaian lainnya untuk selalu mengingatkan masyarakat pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan virus Corona ini, ” ucap AKP Sutrisno.

Lebih lanjut Kapolsek Gandusari mengatakan bahwa kesadaran masyarakat untuk selalu memakai masker saat beraktifitas di tempat umum akan terus digugah dengan kegiatan seperti ini.

“Dalam kegiatan tersebut anggota Polsek Gandusari masih menemukan masyarakat yang tidak memakai masker atau bawa masker tetapi tidak dipakai,  sehingga untuk memberikan efek jera petugas memberikan teguran hingga sangsi yang edukatif seperti mengucapkan Pancasila dan menyanyikan lagu nasional,” pungkas Kapolsek Gandusari tersebut.