Safari Jum’at Jalin Silaturahmi Ulama dan Umaro’

Polres Trenggalek – Dalam kegiatan safari Jum’at ( 22/1 ) yang dilakukan Personel Polsek Pule Polres Trenggalek dengan memberikan penyampaian perlunya pencegahan gangguan keamanan disampaikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek AKP Sardono dihadapan  jamaah masjid dusun sidem, desa Jombok.

 

Dalam kegiatan yang disampaikanya setelah selesai kegiatan sholat Jum’at, Kapolsek Pule memberikan contoh dalam menuntut ilmu dan kebaikan banyaknya cobaan yang dihadapi pada masa nabi. Ketika nabi memberikan tuntunan dalam masuk islam, banyak dari keluarga yang memusuhinya. Itu merupakan perbandingan dalam kehidupan dimasyarakat sekarang ini, dengan adanya aturan yang sifatnya memberikan ketentraman dalam masyarakat masih adanya perilaku yang menyimpang dari aturan yang ada.

 

Perilaku penyimpangan bisa dalam bentuk kejahatan seperti pencurian, pembunuhan dan juga adanya penipuan didalam masyarakat. Sehingga dalam bertindak sebagai pelaku subyek hukum seperti Polisi harus melakukan tindakan upaya paksa penangkapan, penahanan dan menyidangkan pelaku kejahatan di pengadilan. Semua upaya pengadilan merupakan upaya dalam mengarahkan pelaku kejahatan untuk kembali menuju kebaikan, dengan upaya dalam mengembalikan kebaikan tidak diterima pelaku kejahatan. Adanya doa agar mereka insaf merupakan jalan terakhir apabila semua upaya dalam pengadilan tidak membuatnya jera.

 

Ditahun politik, kedekatan antar ulama dan umaro diperlukan dalam menjaga situasi Kamtibmas. Dengan adanya pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim, peran ulama memegang peranan penting dalam menciptakan situasi kamtibmas dengan masa yang dimiliki. Dengan mampunyai masa guna kepentingan meredam situasi bila terjadinya konflik yang ada, dengan pendekatan dengan antar umaro akan lebih efektif dalam penugasan menjaga situasi Kamtibmas.