Tegas, Petugas Gabungan Berikan Sanksi bagi Pelanggar Prokes

Polres Trenggalek – Kepolisian Sektor Watulimo Polres Trenggalek bersama petugas gabungan dari TNI serta Pol PP dan Satpam pelabuhan kembali menggencarkan penertiban protokol kesehatan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat tentang kepatuhan protokol kesehatan (Prokes).

Operasi dipimpin oleh Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (KASPKT) Aiptu Dwi Karyanto menyasar keramaian diantaranya pintu masuk Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, pasar, pertokoan, tempat wisata serta ruang publik lainnya. Sabtu (23/1).

“Iya benar, sore ini kami menggelar penertiban Prokes di seputaran Kecamatan Watulimo. Tujuannya adalah menggugah kesadaran masyarakat dan meningkatkan disiplin dan taat protokol kesehatan” Ujar Aiptu Dwi Karyanto.

Aiptu Dwi Karyanto menuturkan, hingga saat ini angka penyintas Covid-19 masih terus bertambah. Oleh sebab itu diperlukan tindakan nyata dan ketegasan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Penertiban ini merupakan bagian dari upaya menangkal dan meminimalisir penularan serta terbentuknya klaster baru Covid-19 di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

“Penertiban Prokes ini dilaksanakan dengan metode stationer dan hunting system” Tutur Aiptu Dwi Karyanto.

“Dalam pelaksanannya tetap mengedepankan pola persuasif dan humanis.” Imbuhnya

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H mengatakan, bagi yang melanggar protokol kesehatan dikenakan sanksi administrasi maupun sosial. Hal tersebut adalah implementasi dari Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020 dan Perbup nomor 31 tahun 2020.

Adapun sasaran dari tim penegakan disiplin ini diantaranya adalah pelabuhan, Ruko maupun pasar yang kerap dipakai sebagai tempat aktivitas masyarakat, tempat wisata, warkop dan kafe serta tempat lain yang berpotensi digunakan sebagai tempat berkumpul masyarakat saat siang dan malam hari.

Pihaknya menegaskan, penertiban ini akan terus digelar baik siang maupun malam. Tidak hanya di tempat keramaian tetapi juga hingga pelosok Desa. Kepolisian juga mengimbau agar masyarakat konsisten menjalankan protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

“Taat Protokol kesehatan atau kena sanksi.” Pungkasnya.