Anggota TNI – Polri dan Instansi Pemerintah Mengikuti Giat Donor Darah

Polres Trenggalek – Mewabahnya Corona Virus Disease 2019 atau Covid – 19 membangkitkan kepedulian banyak pihak. Hal ini seperti yang dilakukan anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek, Posramil Suruh, Instansi Pemerintah, Aparatur Pemerintah Desa serta Warga. Puluhan orang pada pagi ini mendonorkan darahnya bertempat di Aula Kecamatan Suruh. Senin (25/11)

Pantauan dilapangan, para personel TNI dan Polri serta Aparatur Pemerintah Kecamatan dan Desa, Instansi terkait serta warga berseragam lengkap itu antre di ruang tunggu. Antarindividu yang duduk, terdapat satu ruang kosong dan itu merupakan penanda jarak atau physical distancing.

Panggilan dari petugas PMI pun terdengar dari dalam ruangan. Satu per satu calon pendonor bergantian masuk menuju Aula yang dijadikan sebagai ruang transfusi untuk dilakukan pengecekan atau screening sebagai prasyarat bisa dan tidaknya seseorang melakukan donor darah. Tiap sesi ada 4 pendonor yang diambil darahnya pada waktu bersamaan.

“Rata-rata waktu pengambilan (darah) sekitar 6 – 12 menit,” ucap seorang petugas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI sembari memasang jarum di lengan para pendonor.

Tak hanya para anggota, Pjs Camat Suruh Dwi Ratna Widyawati AP MM dan Wakapolsek Suruh Polres Trenggalek Iptu Eko Widiantoro, S.Sos, M.H juga ikut mendonorkan darahnya Orang Nomor Satu di Pemerintahan Kecamatan Suruh itu diambil darahnya bersama anggota lain yang duduk di kursi yang berada di sebelahnya.

Menurut Wakapolsek Suruh Polres Trenggalek Iptu Eko Widiantoro, bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk solidaritas terhadap warga yang membutuhkan darah. Apalagi di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 seperti saat ini, kemungkinan kebutuhan darah akan semakin meningkat.

Di sisi lain, lanjut Iptu Eko Widiantoro, bahwa Polisi dan TNI serta Instansi Pemerintah lainnya juga memiliki tugas dalam operasi kemanusiaan termasuk di antaranya upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19 yang hingga kini penyebarannya masih sangat tinggi.

“Sedikit yang bisa kami lakukan semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat, terimakasih untuk semua anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek dan Posramil Suruh yang telah sudi dan penuh keikhlasan mendonorkan darahnya,” ujarnya seraya menjelaskan jika kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap sesama