12 Warga Terjaring Razia dalam Operasi Yustisi Penegakan Prokes

Polres Trenggalek – Pjs Camat Suruh Dwi Ratna Widyawati terus mengingatkan warga untuk tetap patuh melaksanakan protokol kesehatan guna menekan potensi penambahan kasus positif Covid-19 baru utamanya diwilayah Kecamatan Suruh

“Kenyataannya penyebaran virus Corona itu masih ada. Jadi saudara sekalian tetap dianjurkan memakai masker saat beraktivitas dan menerapkan protokol kesehatan lainnya,” katanya disela sela pelaksanaan Operasi Yustisi Penegakan Prokes bertempat di Pertigaan Desa Suruh Kecamatan Suruh. Rabu (27/01) pagi.

Sementara itu Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Mujiat A, S.H menyampaikan bahwa razia penggunaan masker di Pertigaan Suruh yang menghubungkan Kecamatan Suruh dengan Kecamatan Pule, Kecamatan Karangan serta Kecamatan Dongko, Panggul serta Kabupaten Pacitan kali ini menjaring 12 orang warga yang tidak memakai masker. Setelah didata oleh personel Satpol PP, mereka langsung diberikan pembinaan tentang bahaya virus Corona serta diberikan sanksi sosial berupa Mengucapkan Pancasila dan PusUp serta dibuat surat pernyataan agar dalam setiap aktifitas terutama di luar rumah selalu menggunakan masker.

Dijelaskan, pihaknya bersama Posramil Suruh serta Satpol PP Kecamatan Suruh dan juga Satgas Desa akan terus melakukan kegiatan penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan setiap hari.

“Setiap hari kita selalu melakukan operasi yustisi untuk menegakkan Inpres Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 serta Pergub Nomor 53 tahun 2020 tentang protokoler kesehatan guna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid – 19,” terangnya.

Tak hanya pagi maupun siang hari, lanjutnya, penegakan disiplin memakai masker juga dilakukan di beberapa titik kumpul warga dan keramaian di wilayah hukum Polsek Suruh Polres Trenggalek dan lainnya pada malam hari.

Ditambahkan, bahwa pada saat ini Kabupaten Trenggalek masuk dalam zona merah tingkat resiko penyebaran covid-19 sehingga Pemerintah Kabupaten Trenggalek masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk bersama sama mematuhi dan mentaati semua aturan yang ada demi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19

“Data terakhir, 50 (orang) warga Kecamatan Suruh sudah terinfeksi virus Corona untuk itu mari kita patuhi Protokol Kesehatan secara ketat agar tidak lagi kasus baru,” Pungkasnya