24 Nakes di Kecamatan Bendungan Mulai Divaksin, Ipda Siswanto : Pasca Tindakan tak Ada Gejala Apa-Apa, ini Aman untuk Masyarakat

Polres Trenggalek – Sejumlah 24 tenaga kesehatan (Nakes) se-Kecamatan Bendungan hari ini mulai menjalani vaksinasi Covid-19, Jumat (29/1/2021).

Dari total 64 Nakes yang menjadi target vaksinasi tahap I ini, sebanyak 24 Nakes yang sudah mendaftar hari ini pun segera dilakukan pemrosesan oleh tim terkait.

Dipusatkan di Puskesmas Bendungan, kegiatan tersebut menghadirkan Wakapolsek Bendungan, Kepala Puskesmas Bendungan beserta staf, dan vaksinator Covid-19.

“Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.15 WIB dan didahului doa bersama yang dipimpin Brigadir Dedi Mahendra Sukma,” kata Ipda Siswanto, S.H. saat dikonfirmasi redaksi di lokasi kegiatan.

Ia menambahkan, sebelum divaksin, 24 Nakes pun diberi 16 pertanyaan (screening) terkait riwayat maupun keluhan kesehatan.

“Prosesnya dibagi 4 tahap yaitu pendaftaran, screening, proses vaksinasi, dan terakhir observasi selama 30 menit,” jelas Ipda Siswanto.

Sempat menanyai beberapa Nakes yang telah divaksin, Ipda Siswanto pun tak lupa memberi semangat serta dorongan kepada petugas yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 itu.

“Sebagian besar tak merasakan keluhan apa-apa. Kondisi tubuh pasca divaksin juga baik-baik saja. Itu artinya vaksin ini aman buat masyarakat,” tandasnya.

Masih kata Ipda Siswanto, vaksinasi kepada 40 Nakes lainnya akan dilaksanakan besok pagi.

“Sisanya besok pagi. Selanjutnya vaksinasi tahap II dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2021. Sasaran sementara masih tenaga kesehatan. Sementara stok vaksin yang masih disimpan di sini dalam pengamanan ketat personel TNI-Polri,” pungkasnya.