Kapolsek Dampingi Relawan Melaksanakan Pemakaman Warga Sesuai Prokes Covid 19

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Nglebo Polsek Suruh Polres Trenggalek Aipda Endro TS bersama Babinsa Desa Nglebo Sertu Purwito dan Kepala Desa Nglebo Supriyanto pada malam ini melaksanakan pendampingan pemakaman salah satu warga desa binaan dengan protokol Covid-19. Kamis (28/01)

Pemakaman yang dilangsungkan di TPU Dusun Tawang Desa Nglebo Kecamatan Suruh ini juga dihadiri oleh Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Mujiat A, S.H, Danposramil Suruh Letda Inf Sutopo yang diwakili oleh Batuud Posramil Suruh Serka Muguh Raharjo, Kasi Trantib Kecamatan Suruh Suparman, S.Sos, petugas medis dari Puskesmas Suruh dan tim pemakaman dari DKK Trenggalek.

Warga tersebut berinisial JNI (48) Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, JNI (48) sempat dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sahabat Kabupaten Pasuruan sejak Rabu tanggal 27 Januari 2021 lalu. Sebelumnya sekitar Pukul 02.00 Wib yang bersangkutan ditemukan oleh teman sesama sopir truk tidak sadarkan diri di dalam kendaraan truk yang selanjutnya yang bersangkutan oleh teman temannya dibawa ke RS Sahabat Kabupaten Pasuruan untuk menjalani perawatan.

Kemudian pada Kamis tanggal 28 Januari 2021 Pukul 12.40 Wib, JNI (48) dinyatakan meninggal dunia, dengan status Probable, sehingga pemakaman dilangsungkan dengan protocol Covid-19, guna mengantisipasi penyebaran virus.

Aipda Endro TS, selaku Bhabinkamtibmas setempat menghimbau kepada pihak keluarga dan kerabat serta warga sekitar untuk tidak mendekat ke jenazah selama prosesi pemakaman. Setelah jenazah dikebumikan, baru diperkenankan mendekat untuk mendo’akan almarhum.

Dirinya juga meminta kepada para peziarah untuk mematuhi protocol kesehatan, dengan menggunakan masker sebagai pelindung awal dari penyebaran virus, menjaga jarak aman dengan orang lain, tidak bersalaman dan mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitazer serta semua pakaian yang dipakai agar direndam dan dicuci menggunakan deterjen setelah kembali ke rumah masing masing.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan tim satgas Covid desa untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah almarhum. Dan meminta pihak Puskesmas untuk segera melaksanakan tracking contact, sehingga penyebaran virus ini dapat di cegah sedini mungkin,” terang Bhabinkamtibmas Desa Nglebo Polsek Suruh Polres Trenggalek

Dirinya juga mengajak semua pihak untuk sama-sama berperang melawan Covid-19, dengan cara selalu selalu mematuhi protocol kesehatan dimanapun berada, menjaga imunitas dan daya tahan tubuh dengan olahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang bergizi, hindari kerumunan dan tetap menjaga jarak aman dengan orang lain serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan juga air yang mengalir atau bisa juga dengan mengunakan handsanitazer.

“Insakalloh jika semua warga patuh akan protocol kesehatan, pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 akan cepat berlalu dan semoga kita semuanya senantiasa diberikan perlindungan, kesehatan dan keselamatan oleh Alloh SWT,” Pungkasnya