Sajadah Mantap, Upaya Polres Trenggalek Jalin Kedekatan Dengan Warga

Polres Trenggalek – Salah satu kunci keberhasilan dalam pemiliharaan keamanan dan ketertiban adalah peran serta masyarakat yang secara mandiri turut berkontribusi dalam menjaga lingkungannya. Hal ini dapat tercipta jika terjadi komunikasi intens antara Kepolisian selaku lembaga negara pengamban tugas kamdagri dengan masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Kepolisian Resor Trenggalek telah meluncurkan satu program unggulan yang bertajuk Sajadah mantap atau Safari Jumat aman dan berkah. Sesuai dengan namanya kegiatan ini digelar setiap hari Jumat bersamaan dengan ibadah salat jumat umat muslim.

“Untuk Sajadah mantap hari ini kita gelar di Masjid Alliyul Himmah desa Sambirejo kecamatan Trenggalek” Ujar Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum kepada tim redaksi. Jumat, (29/1).

Dalam pelaksanaannya, lanjut AKP Suyono, pihaknya menggandeng anggota Pramuka Saka Bhayangkara yang rata-rata masih berusia pelajar dimana saat ini masih mengikuti sekolah daring sehingga kegiatan ini sedikit banyak dapat dimanfaatkan mengisi waktu luang dengan hal yang positif.

Selain bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar, pihaknya juga mengkampanyekan terkait dengan penerapan sisplin protokol kesehatan. Tak berhenti disitu, AKP Suyono dibantu anggota dan pramuka melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh area masjid sebelum ibadan dimulai serta membagikan masker gratis kepada setiap jemaah yang datang.

“Trenggalek sekarang sudah Zona Merah yaitu penularan tinggi. Kita ajak para jamaah dan masyaraat tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Tujuannya agar kita semua terhindar dr covid-19

Lebih lanjut AKP Suyono menuturkan, sebagai desa yang telah ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Semeru maka diharapkan warga harus tangguh dan mampu menangani jika ada warga yang terkonfirmasi Covid-19 hingga pemulasaraan jenazah sesuai standar covid.

Pihaknya juga mengajak warga untuk mengaktifkan kembali Siskamling guna menjaga kamtibmas dilingkungan masing-masing. Apabila ada permasalahan kecil silahkan dirembug bersama dengan menghadirkan 3 pilar desa sehingga masalah cepat selesai dan terjalin kerukunan antar warga.