Vaksinasi Covid-19 Hari Kedua, 26 dari 40 Nakes sudah Divaksin, Sisanya karena Faktor Kesehatan

Polres Trenggalek – Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 24 tenaga kesehatan (Nakes) di wilayah Kecamatan Bendungan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 pada Jumat (29/1/2021).

Dari total 64 vial vaksin yang ada, sejumlah 40 Nakes yang belum menjalani vaksinasi, hari ini merupakan pelaksanaan tahap akhir.

“Hari ini hanya 26 Nakes saja yang bisa dilakukan vaksinasi, sisanya karena faktor kesehatan. Syarat utama pemberian vaksin Covid-19 ini tubuh harus dalam kondisi sehat,” kata Ipda Siswanto, S.H. ketika meninjau proses vaksinasi di Puskesmas Bendungan pagi tadi, Sabtu, (30/1/2021).

Ia menambahkan, kegiatan dibagi menjadi dua gelombang, yang pertama mulai pukul 08.00 WIB sampai 10.30 WIB, dan gelombang kedua mulai pukul 13.00 WIB sampai 14.40 WIB.

“Mekanismenya sama, para Nakes diberi 16 pertanyaan (screening) terkait riwayat maupun keluhan kesehatan. Ini yang menentukan Nakes tadi bisa divaksin atau tidak,” tambah Perwira yang sehari-hari menjabat sebagai Wakapolsek Bendungan ini.

Ia pun melanjutkan, bagi Nakes yang berhasil divaksin masih harus menjalani observasi selama 30 menit.

Hal itu untuk memastikan kondisi tubuh Nakes pasca divaksin tidak terjadi gelaja yang mengkhawatirkan.

“Semua Nakes yang divaksin tak merasakan adanya keluhan. Kondisi tubuh setelah observasi juga baik-baik saja. Itu artinya vaksin ini aman,” terangnya.

Dari keterangannya pula, vaksinasi tahap II rencananya dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2021 dengan sasaran utama para tenaga medis.