AKP Suyono di HUT Satpam: Tingkatkan Terus Profesionalisme dan Kompetensi

Polres Trenggalek – Meskipun digelar dengan sederhana dan terbatas mengingat masih dalam masa Pandemi Covid-19, upacara peringatan HUT ke-40 satuan pengamanan (Satpam) berlangsung khidmat. Selasa, (2/2).

Dalam upacara virtual yang digelar di Aula Sasana Wiyata Mandala SMK N 1 Trenggalek, Kelurahan Sumbergedong, Kabupaten Trenggalek dipimpin langsung oleh Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. dan diikuti beberapa anggota, perwakilan Satpam, AMSI dan BUJP Sinawang Indah.

AKP Suyono mengatakan HUT Satpam sebenarnya jatuh tepat pada tanggal 30 Desember yang lalu. Namun dengan pertimbangan padatnya kegiatan yang membutuhkan pengamanan, maka baru bisa digelar hari ini.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Suyono yang juga aktivis Pramuka ini mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas peran serta dan dukungan dari Satpam yang telah banyak membantu dalam hal pemeliharaan Kamtibmas.

Satpam, lanjut AKP Suyono telah diberikan legalitas untuk melakukan kegiatan kepolisian terbatas di wilayah lingkungan tempat kerjanya. Kompetensi awal Satpam dibuktikan dengan kepemilikan gada Pratama, Gada Madya maupun Gada Utama

“Nanti kita agendakan peningkatan kemampuan Satpam dan tingkatkan lagi koordinasi dengan Satbinmas sebagai fungsi pembina” Ujar AKP Suyono.

Terkait seragam baru Satpam, pihaknya meminta agar para penguna segera menyesuaikan dalam waktu satu tahun sesuai dengan peraturan Kapolri nomor 4 tahun 2020.

Selain itu, AKP Suyono juga mengingatkan kepada seluruh anggota Satpam agar menjadi contoh dan teladan dalam menerapkan protokol kesehatan mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Selaku pribadi dan pimpinan Satbinmas Polres Trenggalek mengucapkan selamat Hari jadi ke-40 untuk seluruh Satpam dimanapun bertugas. Tingkatkan profesionalisme dan kompetensi satuan pengamanan menjadi profesi yang membanggakan dan bermartabat” Imbuhnya.

Senada, Gunawan Ketua Amsi Trenggalek menekankan agar pengguna Satpam segera memfasilitasi untuk penyesuaian seragam baru berikut alat perorangan diri dimana hal tersebut merupakan perangkat yang seharusnya dimiliki oleh setiap anggota Satpam

Sementara Ketua BUJP Sinawang Indah Berseri Khoirudin menegaskan profesionalisme dan kompetensi Satpam harus benar-benar dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari termasuk didalamnya adalah sikap tampang dan respek saat bertugas.

Pihaknya juga berpesan agar para anggota Satpam lebih meningkatkan persaudaraan, persatuan dan kekompakan dan tetap solid dalam menunuaikan tugas yang diemban.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kasatbinmas yang diserahkan kepada Satpam termuda, Satpam tertua dan Satpam wanita.