Optimalisasi KTS Untuk Tekan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menaruh perhatian serius atas masih tingginya angka terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Guna menekan laju penyebaran Covid-19, pihaknya akan mengoptimalkan Peran Kampung Tangguh (KTS) Semeru yang banyak tersebar di hampir seluruh Kecamatan se Kabupaten Trenggalek.

Hal tersebut diungkapkan AKBP Doni saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Optimalisasi Kampung Tangguh Semeru yang diikuti oleh berbagai stakeholder terkait di Rupatama Mapolres Trenggalek. Selasa, (2/2).

“Rakor ini bertujuan membahas percepatan penanganan Covid-19 dimana penyebarannya cukup mengkhawatirkan” Ujar AKBP Doni.

Setiap Kampung Tangguh Semeru sudah memiliki ruang isolasi mandiri minimal sebanyak 3 tempat tidur. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan jika terdapat warga yang terkonfirmasi Covid-19, mengingat saat ini sudah ditemukan klaster keluarga sehingga isolasi mandiri pada kampaung tangguh semeru dinilai lebih efektif untuk menekan penularan.

Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan fasilitas yang memadai serta dukungan dari pemerintah desa maupun instansi terkait untuk mencukupi baik kebutuhan sehari-hari maupun obat-obatan bagi warga yang melakukan isolasi mandiri.

Dari 21 kampung Tangguh semeru yang ada, sedikitnya siap menampung isolasi mandiri dengan kapasitas 76 orang.

“Kita akan cek dan upayakan untuk ditambah berikut kelengkapannya sehingga layak untuk dijadikan tempat isolasi mandisi supaya imun meningkat dan bisa lekas sembuh” Imbuhnya.

Lebih lanjut AKBP Doni menegaskan, pihaknya bersama dengan TNI dan Satpol PP tak pernah lelah melakukan penertiban Prokes maupun operasi yustisi. Bahkan, dalam satu hari bisa dilakukan 3 sampai 4 kali. Namun masih saja ditemukan warga yang abai terhadap protokol kesehatan.

“Kita berharap optimalisasi ini dapat menekan angka penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Trenggalek serta keluar dari zona merah. Tentunya dengan bantuan dan dukungan dari saudara-saudara sekalian.” Pungkasnya.

Dalam Rakor tersebut turut hadir diantaranya, Kepala Dinas Kesehatan dr. Saeroni, Kepala Dinas Sosial dr. Sulistyowati Ratna. Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum., perwakilan Kepala Kelurahan dan Kepala Desa serta Bhabinkamtibmas Kampung Tangguh Semeru