Bagikan Koran ke Pelaku UMKM, pak Bhabin Sampaikan Sanksi Tegas Kapolres Trenggalek bagi Pelanggar Prokes

Polres Trenggalek – Pemerintah Kabupaten Trenggalek tak kenal kompromi kepada masyarakat yang diketahui melanggar protokol kesehatan.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pelanggar Prokes yang sudah dikenai sanksi berupa denda.

Tak hanya puluhan, bahkan para pelanggar Prokes yang dikenai sanksi sebesar Rp 50.000 ini berjumlah ratusan orang.

Hukuman tegas ini terpaksa harus diterapkan, mengingat jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Trenggalek baru-baru ini terus meroket.

Di sisi lain, guna mengoptimalkan upaya pendisplinan warga tentang kepatuhan terhadap Prokes ini, Kepolisian Sektor Bendungan melalui peran para Bhabinkamtibmas hari ini membagikan beberapa eksemplar koran yang berisi imbauan Prokes dari Kapolres Trenggalek, Rabu (3/2/2021).

Menyasar para pemilik tempat makan dan warung kopi yang ada di wilayah Bendungan, para Bhabinkamtibmas ini pun tak segan menjelaskan secara rinci jenis sanksi yang dijatuhkan kepada masyarakat yang melanggar Prokes.

“Sasarannya para pelaku UMKM, seperti pemilik warung makan, warung kopi, maupun tempat-tempat nongkrong yang ada di Bendungan,” terang Brigadir Dedi Mahendra saat dihubungi redaksi usai membagikan puluhan eksemplar koran kepada warga.

Tak hanya dijelaskan tentang jenis sanksinya saja, Brigadir Dedi juga menegaskan, bahwa kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan di Kabupaten Trenggalek saat ini sesuai dengan Perda Nomor 2 Tahun 2020, Pergub Nomor 53 Tahun 2020, dan Inpres Nomor 6 Tahun 2020.

“Payung hukumnya sudah jelas, maka bagi masyarakat yang diketahui melanggar Prokes harus siap menerima konsekuensinya,” tambah Brigadir Dedi.

Sementara itu di lokasi terpisah, Kapolsek Bendungan, AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H. menjelaskan, Polres Trenggalek dan seluruh jajarannya terus mengambil langkah tegas agar grafik penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek semakin menurun.

“Jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Trenggalek terus meningkat. Untuk menekan angka itu, Polres Trenggalek dan jajaran tak segan-segan memberikan sanksi tegas terutama kepada para pelanggar Prokes. Hari ini para Bhabinkamtibmas membagikan koran yang berisi penegasan hukum terkait Prokes itu dari bapak Kapolres Trenggalek,” ucap AKP Puguh.

Ia melanjutkan, bahwa upaya tersebut terus digencarkan agar pemahaman masyarakat tentang pentingnya 3M juga meningkat.

“Tingkat fatalitas virus ini tinggi, jadi masyarakat sebaiknya tak menyepelekan faktor pencegahannya melalui 3M,” tuturnya.

Dengan upaya tersebut, pihaknya berharap angka Covid-19 di wilayahnya dan secara umum di Kabupaten Trenggalek terus menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik.