Jalan Kaki, Gendong Perangkat Pengeras Suara, Satgas PPKM Bendungan “Woro-Woro” Soal Prokes

Polres Trenggalek – Upaya Satgas PPKM Kecamatan Bendungan dalam upaya menekan laju penyebaran Covid-19 memang patut diacungi jempol.

Tak memfokuskan pada upaya penegakan hukum saja, Satgas yang terdiri dari personel Polsek, Koramil, dan Satpol PP Bendungan ini mengimbanginya melalui upaya preventif sekaligus edukasi yang bersifat persuasif dan humanis.

Seperti yang dilakukan hari ini, puluhan personel berseragam ini pun menyasar aktivitas warga di pasar tradisional sambil menyuarakan imbauan tentang pentingnya protokol kesehatan, Kamis (4/2/2021).

“Langkah represif harus dibarengi dengan upaya preventif. Kegiatan pagi ini kami fokuskan di pasar tradisional yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Bendungan,” kata Ipda Siswanto, S.H. yang memimpin kegiatan tersebut.

Sambil membawa perangkat pengeras suara, Perwira yang juga Wakapolsek Bendungan itu dengan tegas mengkampanyekan disiplin 3M sebagai langkah tepat melawan pandemi Covid-19.

“Bapak ibu sekalian, pandemi Covid-19 tidak boleh kita remehkan. Ayo disiplin dan terus patuhi protokol kesehatan. Pakai masker yang benar, selalu jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun, dan upayakan untuk menjauhi kerumunan. Jangan sampai kita maupun keluarga kita menjadi korban karena ketidakdisiplinan terhadap protokol kesehatan itu,” ucap Ipda Siswanto di hadapan warga.

Di lokasi yang sama, petugas lainnya juga tak tinggal diam, petugas juga terlihat membagikan puluhan masker secara gratis kepada warga.

Tak cukup itu saja, bagi warga yang cara memakai maskernya tidak sesuai ketentuan, petugas pun dengan cekatan memberikan arahan agar maskernya dipakai dengan benar.

“Sosialisasi pagi ini dibarengi dengan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat. Tujuannya, selain menarik simpati, kesadaran warga soal penggunaan masker semakin meningkat,” tambah Ipda Siswanto.

Sambil terus menyusuri lorong pasar, Ipda Siswanto dan rombongan tak henti menyuarakan imbauan kepatuhan Prokes itu kepada segenap lapisan masyarakat.