Satgas PPKM Bendungan Sasar Pasar Dompyong, Ingatkan Kerumunan hingga Bagikan Masker Gratis

Polres Trenggalek – Satgas PPKM Kecamatan Bendungan makin gencar menggelarkan penertiban kepada masyarakat.

Upaya penegakan hukum guna mendisiplinkan masyarakat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 ini dipimpin langsung Kapolsek Bendungan dan melibatkan personel Polsek, Koramil, dan Satpol PP, Rabu (3/2/2021).

Penertiban sekaligus penggelaran operasi yustisi tersebut dimulai sejak pukul 06.00 WIB dan dipusatkan di kawasan pasar Dompyong.

“Satgas PPKM Kecamatan Bendungan terus melakukan penertiban sekaligus penegakan hukum kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Sasaran hari ini kawasan pasar Dompyong. Kami juga bagikan masker secara gratis,” kata AKP Puguh Wardoyo, S.H., M.H. yang juga Kapolsesek Bendungan ini.

Di lokasi kegiatan tampak beberapa petugas menghampiri warga yang kedapatan tak mengenakan masker.

Tak hanya diberikan teguran lisan saja, petugas pun memberikan hukuman kepada pelanggar Prokes tersebut berupa pembinaan fisik.

“Selain teguran lisan, pelanggar dihukum push up maupun pembinaan fisik lainnya dihadapan masyarakat luas. Jika masih membandel, tak menutup kemungkinan hukuman ditingkatkan lagi berupa bersih-bersih area pasar bahkan dikenakan denda sebagaimana aturan yang berlaku,” tegas AKP Puguh.

Di lokasi yang sama, sambil terus berpatroli di dalam area pasar, petugas juga memberikan edukasi tentang pentingnya kepatuhan terhadap 3M.

“Masyarakat juga terus kami edukasikan untuk menerapkan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pola 3M sudah menjadi gaya hidup utama untuk menghadapi pandemi saat ini,” tandasnya.

Masih kata AKP Puguh, tak hanya melakukan penindakan terhadap pelanggar Prokes saja, tim gabungan tersebut juga menyampaikan pesan agar warga senantiasa mematuhi tata tertib berlalu lintas.

“Masyarakat secara umum tetap kami imbau juga agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Selain menyasar area pasar, petugas gabungan juga menggelarkan operasi penertiban di jalur utama Trenggalek-Bendungan,” pungkasnya.