Ikhtiar Keluar Zona Merah, Tim Gabungan Lakukan Operasi Yustisi Hunting System

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek bersama dengan Kodim 0806, Satpol PP, Dishub danstakeholder terkait menggelar patroli gabungan. Patroli ini digelar guna meningkatkan disiplin protokol kesehatan masyarakat dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Jum`at, (5/2).

Kegiatan diawali dengan apel bersama dihalaman Mapolres dilanjutkan patroli keliling seputaran kota Trenggalek dan kecamatan sekitar. Agar lebih efektif, selain menggunakan kendaraan roda empat, petugas juga mengendarai sepeda motor agar lebih bisa menjangkau gang-gang kecil pemukiman penduduk.

Tak sekedar berkeliling, petugas gabungan melakukan pemantauan di tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, pasar, fasilitas umum maupun tempat lain yang bherpotensi menimbulkan kerumunan.

Selain itu petugas juga menyampaikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Beberapa warga yang tertangkap tangan tak patuh protokol kesehatan langsung mendapat tindakan tegas dari petugas. Baik teguran, sanksi sosial maupun denda.

Dikonfirmasi terpisah kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menegaskan serupa akan digelar setiap hari dengan waktu dan tempat acak. Tujuannnya adalah meningkatkan disiplin protokol kesehatan warga.

“Patroli gabungan dengan hunting system ini sengaja digelar untuk menggugah kesadaran masyarakat. Kabupaten Trenggalek masih zona merah. Disiplin masayarakat sangat penting untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.” Ujar AKBP Doni.

Sementara itu Kasatsabhara Polres Trenggalek AKP Anwar S.H., mengatakan, sasaran patroli gabungan meliputi wilayah kecamatan Trenggalek kota, Tugu, Karangan hingga Pogalan. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan merambah wilayah kecamatan lain yang diniliai belum maksimal dalam penerapan protokol kesehatan.

“Semua stakeholder kita libatkan. Jika ditemukan warga yang melanggar langsung ditindak tegas. Termasuk para pelaku usaha” Ujar AKP Anwar

Menurutnya, bahaya Covid-19 adalah nyata terbukti dengan cukup banyaknya warga yang menjadi korban hingga meninggal dunia. Untuk itu pihaknya mengimbau kepada semua warga agar selalu menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

“Melakukan 5 M dengan tertib. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas” Pungkasnya.