Bersama Forkopimcam, Kapolsek Watulimo Tinjau KTS Nelayan Desa Tasikmadu

Polres Trenggalek – Sebagai tindak lanjut dari upaya Kepolisian dalam mencegah penyebaran Covid-19 atau virus Corona, Polsek Watulimo Polres Trenggalek bersama unsur tiga pilar Desa Tasikmadu serta relawan telah membentuk Kampung Tangguh Semeru (KTS) di lingkungan RT. 9 Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Sabtu (6/2).

Wakapolsek Watulimo Polres Trenggalek Iptu Cikini, S.Pd yang mendampingi Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H bersama Forkopimcam Watulimo saat melakukan peninjauan lokasi mengatakan bahwa lingkungan RT 9 Desa Tasikmadu telah disiapkan sebagai pilot project atau kampung percontohan untuk wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

“Untuk sementara Polsek Watulimo menyiapkan lingkungan RT 9 Desa Tasikmadu sebagai percontohan Kampung Tangguh Nelayan untuk wilayah Kecamatan Watulimo dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona, dan tidak menutup kemungkinan untuk kedepan akan menyusul kampung nelayan yang lainnya,” ujar Iptu Cikini.

Lebih lanjut Iptu Cikini menjelaskan bahwa setelah melakukan asistensi di Posko KTS RT 9 Desa Tasikmadu, tim selanjutnya meninjau ke lokasi pendukung dalam program Kampung Tangguh Nelayan diantaranya ruang observasi serta isolasi, dapur umum, dan lumbung pangan.

Ditempat yang sama Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji menambahkan bahwa Kampung Tangguh ini untuk memberdayakan potensi di setiap desa dalam melakukan tindakan awal terkait dengan upaya penanggulangan Covid-19.

“Ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam pembentukan Kampung Tangguh ini, yakni ketahanan pangan / ekonomi, ketahanan medis dan ketahanan lingkungan (keamanan),” ujar AKP Suraji.

Lebih lanjut perwira menengah yang juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Pule Polres Trenggalek ini menjelaskan ketiga indikator itu untuk menunjang dan memperkuat penerapan jejaring Kampung Tangguh.

“Sehingga masyarakat paham bagaimana mengantisipasi penyebaran virus Corona dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan atau yang telah dipersiapkan,” pungkasnya.