Kapolres dan Dandim 0806 Pimpin Patroli Hunting System Pelanggar Covid-19

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek tak mau main-main dalam penegakan didiplin protokol kesehatan. Imbauan dan sosialisasi yang kerap dilakukan harus menjadi trigger bagi masyarakat untuk selalu patuh protokol kesehatan. Jika tidak, siap-siap mendapat sanksi tegas dari petugas.

Guna menimbmbulkan efek jera, Polres Trenggalek bersama dengan Kodim 0806, Satpol PP dan stakeholder terkait menggelar patroli hunting system. Patroli penegakan disiplin protokol kesehatan ini menyasar wilayah pesisir Kecamatan Watulimo. Sabtu, (6/2).

Tak tanggung-tanggung, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. dan Komandan Kodim 0806 Letkol Arh Uun Samson Sugiharto,S.I.P, M.I.Pol.

Puluhan petugas gabungan berangkat bersama-sama dari halaman Mapolres yang didahulu dengan apel untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak dilapangan. Petugas kemudian menyisir sepanjang jalan. Saat mengetahu warga yang tak mengenakan masker atau berkerumun, petugas langsung berhenti dan memberi sanksi tegas ditempat.

“Iya benar, hari ini kami bersama Kodim 0806 dan Satpol PP menggelar patroli hunting system protokol kesehatan. Tujuannya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 serta menumbuhkan kesadaran warga agar disiplin menerapkan protokol kesehatan” Ungkap AKBP Doni.

Lebih lanjut AKBP Doni menuturkan, pesisir Watulimo merupakan wilayah yang sering jadi jujukan wisatawan dari berbagai penjuru kota di Jawa Timur. Meskipun destinasi wisata sudah ditutup tetapi masih ada saja warga yang nekat datang.

Selain itu, mengingat Watulimo merupakan salah satu penghasil ikan terbesar yang tentunya mobilitas dan tingkat aktivitas masyarakat juga tinggi serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulungagung. Jika tidak dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan ketat relatif rentan terhadap paparan virus berbahaya tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, duo pimpinan tertinggi bidang keamanan di Kabupaten Trenggalek ini mengunjungi beberapa titik diantaranya pasar, rumah makan hingga fasilitas umum lainnya yang berpotensi menjadi tempat kerumunan. Tak hanya itu, Kapolres dan Dandim bersama anggota juga membagikan masker gratis kepada setiap warga yang ditemuinya.

“Kita harapkan semua warga tidak hanya di Watulimo tetapi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Trenggalek untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Lakukan 5M untuk memerangi Virus ini. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, menghidari kerumunan dan mengurangi mobilitas jika tidak ada keperluan yang mendesak” Pesannya.