Tingkatkan Kualitas SDM, Satlantas Trenggalek Gelar Sabtu Cendikia

Polres Trenggalek – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tak membuat jajaran kepolisian khususnya Satlantas Polres Trenggalek mengurangi keinginnan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manisia (SDM).

Hal tersebut selaras dengan Polri Presisi (Prediktif, Responbilitas dan transparansi berkeadilan) yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dimana mencakup dua hal mendasar yakni menjadikan SDM Polri yang unggul di Era Police 4.0 serta meningkatkan kualitas pelayanan publik Polri.

Atas dasar hal tersebut, Satlantas Polres Trenggalek menggelar inovasi unggulan yang bertajuk `Sabtu Cendekia`. Sesuai namanya, Sabtu Cendikia merupakan program pelatihan bagi seluruh personel Satlantas yang digelar setiap hari Sabtu.

“Iya benar. Program Inovasi Sabtu Cendekia adalah kegiatan dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kemampuan personil Polri Khususnya anggota Satlantas Polres Trenggalek yang  rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu sebagai bentuk penjabaran dari Commander Wish Bapak Kapolri.” Ungkap Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. kepada tim redaksi. Sabtu, (6/2).

Materi yang diberikan lanjut AKP Imam tentang pengetahuan, ketrampilan  dan  kemampuan  personel dibidang Kelalulintasan maupun  yang lain untuk mendukung pelaksanaan tugas anggota di lapangan.

“Untuk hari ini materi yang diberikan adalah tentang PPGD (Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat) kecelakaan lalu lintas.” Imbuhnya

Kemampuan ini sangat penting agar saat menemukan kecelakaan lalu lintas, anggota tidak gagap harus berbuat apa, karena tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menolong dan mengurangi tingkat fatalitas korban.

Agar lebih efektif, dalam kegiatan Sabtu cendekian ini dihadirkan tenaga instruktur yang kompeten di bidangnya diantaranya dari Unit Laka lantas, Urkes dan PSC 119 Trenggalek.