Bersama Forkopimcam, Kapolsek Watulimo Pimpin Operasi Yustisi

Polres Trenggalek – Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H bersama Forkopimcam memimpin langsung jalannya kegiatan operasi yustisi bagi pelanggar protokol kesehatan khususnya di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Senin (8/2).

Kegiatan diawali dengan apel bersama di halaman kantor Kecamatan Watulimo yang diikuti oleh personel Polsek, Koramil dan Satpol PP Kabupaten Trenggalek untuk kemudian dibagi menjadi beberapa tim kecil yang disebar dibeberapa lokasi dan sasaran yang telah ditentukan yakni seputaran simpang tiga Desa Prigi dan area pasar Desa Tasikmadu.

Turut hadir diantaranya dalam kesempatan tersebut antara lain personel TNI dari Batalyon 511 Blitar, Camat Watulimo, Danramil Watulimo bersama anggota dan Kasi penindakan Satpol PP Pemkab Trenggalek Tugas, S.E. dan sejumlah anggotanya.

“Perlu saya tekankan kembali bahwa penertiban yang dibarengi dengan operasi yustisi ini merupakan upaya kita bersama untuk mendisplinkan masyarakat agar mematuhi dan memahami pentingnya protokol kesehatan dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek” Ujar AKP Suraji.

Masih kata AKP Suraji, dasar hukum digelarnya penertiban dan operasi yustisi ini adalah Perda Jatim nomor 2 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta terdapat beberapa regulasi lain yakni Inpres Nomor 6 tahun 2020, Pergub 53 tahun 2020 dan Perbup nomor 31 tahun 2020 maupun Keputusan Bupati Trenggalek Nomor 45 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

AKP Suraji menambahkan, beberapa hari terakhir Kabupaten Trenggalek kembali masuk zona merah dengan katergori tingkat risiko tinggi. Sehingga diperlukan kerja keras dari semua pihak agar laju penyintas Covid-19 bisa kembali ditekan seminimal mungkin. Pihaknya juga optimis Kabupaten Trenggalek mampu ke arah zona hijau atau bahkan bebas dari Covid-19.

“Kuncinya adalah disiplin protokol kesehatan. Untuk itu kehadiran kita disini guna memastikan bahwa masyarakat benar-benar mematuhi dan mentaati protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan dan menjag ajarak aman atau physical distancing. Bagi yang masih melanggar, akan dikenai sanksi tegas mulai dari teguran hingga denda dan wajib mengikuti sidang ditempat secara virtual” Kata AKP Suraji.

“Kegiatan ini akan terus digelar baik siang maupun malam hari dengan berbagai metode diantaranya dengan patroli hunting system.” Imbuhnya.

Dari penertiban maupun operasi yustisi ini, petugas menindak tegas puluhan pelanggar protokol kesehatan, utamanya warga yang abai tak mengenakan masker dan tak menjaga jarak aman atau physical distancing.