Grubyuk.. Plengsengan Halaman Rumah Warga Ambruk, Polisi Datang di Lokasi

Polres Trenggalek – Ka SPKT Polsek Dongko Polres Trenggalek AIPTU Heru Cahyo Widodo bersama anggota mendatangi lokasi tanah longsor yang berada di Desa Pringapus Kecamatan Dongko tepatnya menimpa halaman samping rumah milik Sidik beralamtakan di Rt 44/01 Plandaan sewu Dusun Krajan Desa pringapus Kecamatan Dongko Trenggalek.

AIPTU Heru Cahyo Widodo menyebutkan jika memang sebelumnya yakni Senin (8/01/ 2021) mulai pukul 13.00 wib s/d 17.00 Wib wilayah Kecamatan Dongko diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi dan merata, akibat curah hujan yang sangat tinggi tersebut, kami mendapatkan laporan bahwasanya di Desa Pringapus ada bencana tanah longsor. Kemudian kami cek ternyata benar adanya.

“Sekira pukul 20.00 Wib tembok penguat bangunan atau plengsengan penyangga halaman rumah korban (Sidik) sepanjang kurang lebih 15 meter mengalami longsor.” Sebut Ka SPKT Polsek Dongko.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun atas kejadian itu korban menderita kerugian material puluhan juta rupiah. Dan kami pun sudah mengambil langkah diantaranya koordinasi dengan perangkat Desa Pringapus kemudian memberitahukan untuk dipasang terpal guna mengantisipasi apabila terjadi hujan agar tidak terjadi longsor susulan, serta sementara rumah masih bisa di huni mengingat saat ini untuk hujan sudah reda. Jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., membenarkan bahwa anggotanya mendatangi lokasi kejadian tanah longsor di Desa Pringapus.

“Ya benar, anggota telah datang di lokasi kejadian, karena sebelumnya telah mendapatkan informasi dari warga terkait bencana yang menimpa dengan menchat pribadi nomor WhatsApp miliknya, bertuliskan “Plengsengan rumah ambrok…lokasi plandaan sewu rt 44 rw 01″, atas hal itu saya selaku Kapolsek Dongko langsung perintahkan regu jaga untuk cek tempat kejadian.” Kata AKP Rohadi.

Menyikapi kejadian diatas, disampaikan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Dongko karena sekarang musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, maka diharapkan seluruhnya waspada bencana. Tegas Kapolsek Dongko.