Polsek Pogalan Bentuk Posko PPKM Skala Mikro di Seluruh Desa

Polres Trenggalek – Pemerintah kembali menurunkan istilah baru sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, melalui Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 03 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 sampai tingkat desa dan kelurahan dalam rangka upaya pengendalian penyebaran Covid-19, desa maupun kelurahan yang berada di wilayah Kabupaten Trenggalek juga turut bersiap diri dengan adanya kebijakan ini.

Selain memberdayakan pembentukan Kampung Tangguh Semeru di hampir seluruh desa yang ada di Trenggalek, Kepolisian di bawah komando AKBP Doni Satria Sembiring, S.H.,S.I.K.,M.Si. ini juga memerintahkan jajarannya untuk membuat Posko PPKM Skala Mikro secara serentak.

Tak terkecuali di Kecamatan Pogalan, pembentukan Posko PPKM Skala Mikro di 10 desa termasuk struktur pelaksana di dalamnya hari ini telah rampung, Jum’at (12/2/2021).

“Sepuluh desa di Kecamatan Pogalan sudah terbentuk Posko PPKM Skala Mikro. Sejak kemarin seluruh Tiga Pilar kami gerakkan untuk menyiapkan posko ini termasuk komponen di dalamnya,” kata Kapolsek Pogalan, AKP Mokh Mahmudi, S.H.

Disinggung mengenai fungsinya, Posko PPKM Skala Mikro ini bertugas sebagai garda terdepan dalam penanganan pencegahan Covid-19 yang menjangkau hingga pelosok desa.

“Pada pelaksanaannya, demi memastikan PPKM Mikro berjalan dengan optimal, dibentuklah posko tingkat desa yang pelaksanaannya diawasi oleh posko di tingkat kecamatan.Posko tingkat desa melakukan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan, dan mendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 yang diketuai oleh Kepala Desa dibantu perangkat dan mitra desa. Mereka berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 yang berada di tingkat atasnya atau TNI/Polri,” tegasnya.