Sinergi Dengan Tiga Pilar Bentuk Posko PPKM Desa se Kecamatan Gandusari

Polres Trenggalek – Hari ini secara serentak seluruh Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Gandusari ke Desa binaanya bersinergi dengan tiga pilar untuk membentuk posko PPKM Mikro di tingkat desa. Jumat (12/02)

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan pencegahan dan penanganan penyebaran Covid 19 sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 03 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 sampai tingkat desa dan kelurahan dalam rangka upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

Menurut Kapolsek Gandusari AKP Sutrisno, S. H. bahwa pembentukan posko PPKM Mikro ini sebagai bagian dari pelaksanaan Kampung Tangguh Semeru (KTS) di tingkat Desa.

“Ada sebelas desa di Kecamatan Gandusari  sudah terbentuk Posko PPKM Skala Mikro termasuk strukturnya, Forkopimca tinggal memantau pelaksanaannya,” kata AKP Sutrisno, S.H.

Lebih lanjut Kapolsek Gandusari tersebut menjelaskan fungsinya Posko PPKM Skala Mikro ini memiliki tugas sebagai garda terdepan dalam penanganan pencegahan Covid-19 yang menjangkau hingga tingkat RT dan RW.

“Pada pelaksanaannya, demi memastikan PPKM Mikro berjalan dengan optimal, dibentuklah posko tingkat desa yang pelaksanaannya diawasi oleh posko di tingkat kecamatan.Posko tingkat desa melakukan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan, dan mendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 yang diketuai oleh Kepala Desa dibantu perangkat dan mitra desa. Mereka berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 yang berada di tingkat atasnya atau TNI/Polri,” pungkasnya.