Operasi Yustisi, Petugas Gabungan Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Polres Trenggalek – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan (PPKM) skala mikro benar-benar menjadi perhatian pihak Kepolisian. Selain membentuk Posko dimasing-masing wilayah yang terkena PPKM Mikro, petugas Kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas juga diterjunkan sebagai tracer sekaligus operator Bersama Lawan Covid-19 (BLC).

Guna mendukung hal tersebut serta mengoptimalkan peran kepolisian dalam percepatan penanganan penyebaran Covid-19, Polres Trenggalek juga terus menggencarkan peneribtan Prokes dan operasi yustisi disamping langkah preventif yang digelar setiap hari berupa puiblic address maupun bagi-bagi masker.

Sore ini, sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari personel Polres Trenggalek, Kodim 0806 dan Satpol PP menggelar patroli gabungan sekaligus operasi yustisi tepatnya di Jagalan Kecamatan Trenggalek. Minggu, (14/2).

Kabagops Polres Trenggalek Kompol Supiyan, S.Sos mengatakan, operasi yusitisi ini menyasar para pengguna jalan yang tidak mengenakan masker atau melanggar protokol kesehatan.

“Patroli gabungan dan penertiban protokol kesehatan ini tidak hanya bersifat statis tetapi juga mobile. Berkeliling dengan sasaran tempat-tempat yang berpotensi menjadi kerumunan.” Ujar Kompol Supiyan.

“Kepada pelanggar kami berikan tindakan tegas tetapi tetap humanis agar memunculkan efek jera dan tidak mengulangi lagi” Imbuhnya.

Masih kata Kompol Supiyan, kegiatan serupa juga dilakukan oleh polsek jajaran dengan sasaran menyesuaikan wilayah setempat. Tentunya dengan tetap bersinergi dengan instansi terkait lainnya.

Dari kegiatan ini, belasan warga terpaksa diberikan sanksi berupa teguran, sanksi sosial hingga denda yang didominasi oleh pelanggaran tidak menggunakan masker.