Tetap Semangat, Kapolsek Watulimo bersama Danramil Pimpin Penertiban Prokes

Polres Trenggalek – Penertiban protokol kesehatan (Prokes) kembali di gelar di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Kali ini penertiban menyasar tempat-tempat keramaian, perbelanjaan, warung makan serta warung kopi disepanjang jalan Raya Pantai Prigi. Minggu (14/2).

Guna memastikan seluruh proses berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada, Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H bersama Wakapolsek Danramil memimpin langsung jalannya penertiban tersebut yang melibatkan TNI, Polri dan Satpol PP yang sebelumnya dilakukan apel gabungan di halaman kantor Kecamatan Watulimo.

AKP Suraji menuturkan, penertiban ini merupakan upaya penegakan disiplin dalam rangka percepatan dan penanganan penyebaran Covid-19 khususnya dalam penerapan Keputusan Bupati Trenggalek Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Penertiban tidak hanya dilakukan di seputaran Jalan Raya Pantai Prigi, namun secara serentak juga dilakukan oleh personel Bhabinkamtibmas bersama unsur tiga pilar Desa dan Satgas Covid-19 di wilayah Desa masing-masing.

“Tujuan mendasarnya adalah menggugah kesadaran masyarakat baik perorangan maupun kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas dimanapun berada.” Ujar AKP Suraji.

Lebih lanjut dirinya menegaskan ketegasan melalui penegakan hukum ini merupakan tindak lanjut dari Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020 dan Perbup nomor 31 tahun 2020 serta Kep Bupati Trenggalek Nomor 62 Tahun 2021, dimana didalamnya telah jelas diatur tentang sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan.

“Sanksi pelanggar protokol kesehatan berupa teguran tertulis sampai kerja sosial. Oleh sebab itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek  kami imbau ayo bersama-sama mematuhi protokol kesehatan. Pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.” Imbuhnya.

Masih menurut AKP Suraji, dirinya menambahkan bahwa Kepolisian bersama Satgas gabungan akan tetap semangat serta terus meningkatkan intensitas penertiban sampai ke pelosok Desa.

“Kegiatan ini akan terus kita gelar secara konsisten. Tidak hanya di tempat keramaian, malam ini unsur tiga pilar Desa juga bergerak yang diarahkan hingga wilayah pelosok Desa. Muaranya tak lain dan tak bukan demi keselamatan dan kesehatan kita bersama.” Pungkasnya.