Aparat Gabungan Bersinergi Dengan Satgas Covid 19 Desa Lakukan Ops Yustisi

Polres Trenggalek – Aparat gabungan yang terdiri unsur dari TNI-Polri dan Satpol PP Kecamatan Suruh serta Satgas Covid 19 Desa Suruh pada pagi ini setelah melaksanakan apel gabungan selanjutnya menggelar dan melaksanakan operasi yustisi bertempat di Pasar Legi Desa Suruh Kecamatan Suruh. Minggu (14/02)

Kegiatan Operasi Yustisi yang digelar oleh aparat gabungan dan satgas Covid 19 Desa Suruh ini guna untuk memastikan penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh para pedagang dan pembeli yang berada di pasar desa agar tidak memunculkan klaster penyebaran Covid – 19.

“Kegiatan operasi yustisi yang kita laksanakan tersebut mengambil tempat di pasar desa dengan sasaran yang jelas adalah para pelanggar protokol kesehatan,” ujar Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Mujiat A, S.H usai menggelar operasi tersebut.

Dia menjelaskan, dari operasi yustisi yang dilakukan di pasar Legi Desa Suruh tersebut, masih ditemukan adanya pelanggaran terhadap penerapan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker langsung kita beri sangsi sosial berupa mengucapkan Pancasila selanjutnya kita beri masker serta bagi warga yang mengunakan masker namun dalam kondisi yang sudah layak selanjutnya kita ganti dengan masker yang baru,” kata AKP Mujiat A

Dalam kegiatan tadi yang barusan kita laksanakan, para pengusaha sudah menyiapkan perlengkapan sesuai protokol kesehatan, sarana cuci tangan, sabun dan masker. Pengunjung pun rata-rata sudah memakai masker walaupun masih ada juga yang tidak mengunakan masker,” jelasnya.

Masih menurut Kapolsek Suruh bahwa selain memberi sangsi pada para pelanggar protokol kesehatan petugas gabungan juga memberikan sosialisasi dan edukasi tentang adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi Covid 19 dengan menerapkan protokoler kesehatan.

“Adapun protokol kesehatan tersebut terdiri dari menggunakan masker yang baik dan benar utamanya saat beraktifitas diluar rumah, menjaga jarak fisik antar warga, mencuci tangan dengan mengunakan sabun antiseptik serta air yang mengalir atau dengan menggunakan handsanitazer, menjaga jarak fisik antar warga dan tidak berkerumun atau menghindari kerumunan,” tambah Kapolsek Suruh

“Walaupun sejauh ini diwilayah Kecamatan Suruh masih belum ditemukan adanya klaster Covid – 19 dari pasar, namun upaya pengawasan akan terus dilakukan secara bersama-sama dengan unsur terkait dan apabila nantinya ada ditemukan pelanggaran tentunya dari gugus tugas bersama-sama akan memberikan sangsi yang tegas,” Pungkas Kapolsek Suruh