Hari Ini Kampung Tangguh Semeru Desa Masaran Diresmikan


Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Sektor Munjungan Iptu Rohmad Hudi, S.Pd telah meresmikan Kampung Tangguh Semeru yang ada di Desa Masaran Kecamatan Munjungan, Selasa (16/2/21).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Munjungan, Danramil/yang mewakili, Wakapolsek beserta Anggota, Tiga Pilar Desa Masaran sera tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Ditandai dengan pengguntingan tali pita oleh Kapolsek, Kampung tangguh semeru desa Masaran dinyatakan resmi digunakan dalam penanggulangan covid 19. Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan Pengecekan ruang isolasi, dapur umum, lumbung pangan dan ruang observasi.

Saat dikonfirmasi Kapolsek mengatakan, Kampung Tangguh Semeru ini bentuk implementasi dari PPKM Mikro dalam persiapan kita dalam penanganan covid 19 di tingkat paling bawah. Penentuan zona dalam tingkat paling bawah yaitu RT dengan memberdayakan peran aktif masyarakat untuk ikut mempercepat penanganan pandemi covid19. Pihaknya, sangat mengapresiasi berdirinya Kampung Tangguh Semeru tersebut. Hal ini menunjukan adanya kerjasama yang baik antara Tiga Pilar Desa dan masyarakatnya dalam pencegahan virus tersebut.

“Selamat atas terbentuknya kampung tangguh semeru desa Masaran. Dibentuknya kampung tangguh tidak hanya tangguh dalam penanganan covid19, namun tangguh juga dalam keamanan, ketertiban, dan kesehatan dengan berperilaku hidup bersih dan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M agar terhindar dari virus corona,” terangnya.

Kapolsek sangat berharap dengan terwujudnya Kampung Tangguh Semeru ini bisa menjadi desa yang tangguh dari segala aspek, karena ketangguhan dinilai dari kebersamaan dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 dan juga ketahanan pangannya. Ketika situasi darurat datang, diharapkan kampung tangguh ini bisa mengatasinya secara mandiri, baik dalam sumber daya manusia maupun prasarananya.

“Pelaksanaan kampung tangguh harus dijalankan secara maksimal. Hal ini sebagai langkah untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan memperhatikan anjuran protokol kesehatan,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Masaran, Supandi, S.Pd. mengatakan hadirnya kampung tangguh ini diharapkan kedepan desa Masaran akan semakin tangguh dalam menangani segala permasalahan di desa Masaran.,” kata Kades Supandi. (*).