Penerapan PP No 60 Tahun 2016 Tak Lepas Pantauan Fungsi Pembinaan Disiplin

Polres Trenggalek –  Sebagai upaya mencegah terjadinya praktek Pungli di jajaran institusi Polri, Aipda Budi Sanyoto Kanit Provos Polsek Karangan selaku pengemban fungsi pembinaan personil, melaksanakan kegiatan rutin pengawasan terhadap petugas pelayanan yang ada di ruang SKCK Polsek Karangan selasa (16/02/21).

Kegiatan pengawasan tersebut merupakan upaya mencegah anggota Unit Intel Polsek Karangan melakukan praktek pungli dalam pelayanan masyarakat. Perlu di ketahui biaya pelayanan skck sebesar Rp.30.000,- sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP)  Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mengubah sejumlah tarif/biaya yang dimasukkan ke kas Negara, termasuk biaya pembuatan SKCK.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk pengawasan anggota kami dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat harus sesui PP diatas serta tanpa ada penyimpangan ataupun pelanggaran,” Ujar Aipda Budi.

Selain itu kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya pungli atau penambahan biaya SKCK dan mewujudkan terciptanya pelayanan terbaik dari kepolisian kepada masyarakat, sehingga dalam penerapan sesuai dengan SOP yang ada.