Bhabinkamtibmas sebagai Tracer dan Operator BLC, Apa Saja Fungsinya?

Polres Trenggalek – Sebagai oleh-oleh setelah pelaksanaan apel Bhabinkamtibmas jajaran se Kabupaten Trenggalek yang bertempat di halaman Mapolres Trenggalek, siang ini Bhabinkamtibmas Polsek Dongko yang berfungsi sebagai tracer dan operator dari aplikasi Bersama Lawan Covid-19 (BLC) terlihat mengoperasionalkan aplikasi tersebut. Dan hal itu mengundang keingintahuan tim ini terkait apa itu perangkat BLC dan apa saja fungsinya untuk mendukung masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro yang saat ini digelorakan sebagai upaya mencegah menekan penyebaran covid-19.

Kepada tim ini, Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., selaku pembina di seluruh unit yang ada di Polsek Dongko mengungkapkan jika Bhabinkamtibmas selain menjadi pembina Desa juga bertindak sebagai operator BLC yang bertugas memantau perilaku kepatuhan protokol kesehatan dan kerumunan di desa binaan masing-masing serta melaporkan melalui aplikasi yang telah disediakan.

“Bhabinkamtibmas bertindak sebagai operator BLC yang bertugas memantau perilaku kepatuhan protokol kesehatan dan kerumunan di desa binaan masing-masing serta melaporkan melalui aplikasi yang telah disediakan, yang man sasarannya adalah pasar, mall, tempat ibadah, tempat transportasi publik, tempat olahraga publik, restoran/kedai, tempat wisata, jalan umum, dan lokasi lainnya yang berpotensi menjadi tempat kerumunan masyarakat.” Ungkapnya.

Dan peranan tugas Bhabinkamtibmas dalam mendukung PPKM Mikro begitu nyata dan vital dalam upaya pencegahan Covid-19, karena ia merupakan garda terdepan bidang keamanan di tingkat desa, juga Bhabinkamtibmas turut ambil bagian di berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi, kampanye protokol kesehatan, hingga menjadi penghubung dari evakuasi ataupun adanya pemakaman warga yang terindikasi terkonfirmasi Covid-19. Namun demikian dalam pelaksanaannya Bhabinkamtibmas senantiasa berkoordinasi dan sinergi bersama unsur terkait, mulai dari ketua RT/RW, Kepala Desa atau Lurah, Linmas, Babinsa, Satgas Covid-19, dan tokoh masyarakat serta tim pendukung Posko PPKM. Jelas AKP Rohadi.