Kampung Tangguh Semeru di Resmikan, Kapolsek Dongko : Jadikan Masyarakat Bersatu Melawan Covid-19

Polres Trenggalek – Sebagai indikator cerminan rasa kebersamaan masyarakat dan gotong royongnya kuat serta persatuan yang hebat sekaligus menjadikan kampungnya bersih dari penyebaran Corona atau Covid-19, pada hari ini Forkopimcam Dongko meresmikan Kampung Tangguh Semeru (KTS) yang berada di dua Desa yakni Desa Dongko dan Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Kamis (18/02/2021)

Dikonfirmasi Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., yang ikut dalam kegiatan menerangkan jika maksud dan tujuan utama daripada peresmian Kampung Tangguh Semeru di Desa Dongko dan Siki ini adalah untuk membuat lingkungan di Desa tersebut mulai dari kebiasaan ataupun budaya menjadikan masyarakat lebih tangguh dan bisa bersatu melawan penyebaran covid-19.

“Seperti yang sangat kami harapkan dari peresmin Kampung Tangguh Semeru ini adalah mewujudkan semangat bersama dalam melawan Pandemi Corona atau Covid-19 dengan mengubah kebiasaan ataupun budaya sehingga menjadikan masyarakat lebih tangguh.” Ujarnya.

Lebih lanjut AKP Rohadi menjelaskan jika ruh yang ada didalam Kampung Tangguh Semeru ini nantinya diisi oleh Kepala Desa sebagai Ketua kemudian wakilnya adalah babinsa dengan Babinkamtibmas, kemudian disitu akan ada seksi-seksi dan Satgas pendukung untuk mengisi daripada struktur pengorganisasian. Dan ini sangat jelas bahwasanya tujuannya adalah menjadikan masyarakat dapat lebih open dan nantinya bisa menentukan zonasi penyebaran covid-19.

“Ruh dari dibentuknya Kampung Tangguh Semeru ini ada suatu struktur pengorganisasian yang kemudian diisi oleh Tiga Pilar dan dibantu seksi-seksi serta Satgas yang tujuannya adalah menjadikan masyarakat yang lebih open dan nantinya bisa menentukan zonasi penyebaran covid-19, sehingga jika ada yang zona merah bisa ditekan penyebarannya menjadi oranye, oranye menjadi kuning, kuning menjadi hijau dan ketika sudah memasuki zona hijau maka semuanya akan bersama-sama mempertahankan.” Jelasnya.

Pada intinya bagaimana masyarakat itu bisa menjadi masyarakat yang sehat, masyarakat yang tangguh juga ampuh dalam mencegah, sehingga dapat menjadikan kampung atau Desa tersebut nir penyebaran Covid-19. Pungkas Kapolsek Dongko.