Pastikan Siap Pakai, Ratusan Ranmor Polres Trenggalek Jalani Harwat

Polres Trenggalek – Sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Polri dituntut siap sedia setiap saat. Untuk mewujudkan hal tersebut, keberadaan sarana-prasarana pendukung yang memadai dan ready for use mutlak diperlukan. Termasuk diantaranya adalah alat transportasi berupa kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Guna memastikan kesiapan, Kepolisian Resor Trenggalek secara rutin melakukan pemeliharaan dan perawatan seluruh kendaraan inventaris jajarannya. Tak mau setengah-setengah, perawatan kendaraan tersebut menghadirkan tim teknisi resmi dari dealer yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menegaskan, perawatan kendaraan ini merupakan wujud pertanggungjawaban dan transparasi terhadap barang milik negara.

“Mobilitas anggota dilapangan cukup tinggi tentunya harus didukung dengan sarana yang memadai. Harwat ini bertujuan agar tidak ada kendala dalam operasional saat menjalankan tugas memelihara Kamtibmas yang kondusif.” Ujar AKBP Doni.

“Respon cepat merupakan salah satu faktor penting. Jadi, tidak ada lagi alasan kendaraan rusak, mogok dan sebagainya. Kita pastikan semua siap pakai.” Imbuhnya

Sementara itu, Kasubbagsarpras Bagsumda Polres Trenggalek Iptu Kasmari S.H., menuturkan, mengingat saat ini masih dalam mas pandemi Covid-19, perawatan kendaraan yang biasanya digelar bersamaan di Mapolres, untuk kali ini dilaksanakan bergantian. Sedangkan untuk Polsek jajaran di laksanakan di bengkel atau dealer setempat.

“Harwat kendaraan dilaksanakan minimal 4 bulan sekali. Namun jika ada kerusakan mendadak tetap kita lakukan perbaikan. Jadi tidak ada kendala dalam pelaksanaan tugas dilapangan” Ujar Iptu Kasmari.

Masih kata Iptu Kasmari, total ada 227 kendaraan roda dua yang mendapatkan service. Khusus untuk hari ini, 22 kendaraan Satsabhara dan besok 23 kendaraan Satlantas dan hari berikutnya 13 kendaraan Satbinmas. Sedangkan perawatan meliputi mesin, ban, rem berikut fasilitas penunjang seperti rotator dan sirine.