Di Peresmian Kampung Tangguh Semeru Desa Sumberbening, Kapolres Trenggalek Sampaikan Terobosan “Timun Mantap”

Polres Trenggalek – Forkopimda Trenggalek meresmikan Kampung Tagguh Semeru Desa Sumberbening Kecamatan Dongko, dari peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti oleh Forkopimda di saksikan Forkopimcam Dongko.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si., Dandim 0806 Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, S.I.P M.I.Pol., Plh. Bupati Trenggalek Ir. Joko Irianto, M.Si, Forkopimcam Dongko ( Camat Dongko Teguh Sri Mulyanto,S.Sos, M.Si., Kapolsek Dongko AKP Rohadi,S.H., Danramil 13 Dongko Kapten Inf. bambang Subani, Tiga pilar Desa (Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa), perangkat pemerintah Desa, BPD, TP-PKK, Karang taruna dan Satgas Covid-19 Desa Sumberbening.

Dalam sambutannya Suyanto selaku Kepala Desa Sumberbening, menyampaikan harapan bersamaan dengan diresmikannya Kampung Tangguh Semeru agar seluruh warga desa benar benar terbebas dari Covid-19.

“Dengan diresmikannya Kampung Tangguh Semeru agar seluruh warga desa benar-benar terbebas dari Covid-19 dan sampai sekarang Sumberbening masuk Zona hijau.” Ujarnya.

Kemudian disambung Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring menekankan agar setelah diresmikan sebagai Kampung Tangguh Semeru warga desa Sumberbening diharapkan bisa lebih aktif dalam penanganan penyebaran Covid-19 serta disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

Jika ada warga yang terkonfirmasi covid-19 meminta agar isolasi dilaksanakan di Kampung Tangguh Semeru. Hal tersebut penting untuk mencegah munculnya klaster keluarga.

“Selain dilakukan pengawasan dan perawatan kesehatan, warga yang isolasi harus dipastikan tercukupi seluruh kebutuhan mendasarnya. Untuk itu fasilitas ruang isolasi setidaknya harus memadai agar dapat meningkatkan imun.” Ujar AKBP Doni

Lebih lanjut Kapolres Trenggalek menuturkan, atas adanya kampung tangguh semeru wilayah ini semakin kokoh dan kuat, sekaligus sebagai tempat menampung Aspirasi Masyarakat dan menyelesaikan permasalahan di Masyarakat.

“PPKM Mikro di Wilayah Kabupaten Trenggalek menjadi percontohan di Jawa Timur dan PPKM Mikro terbagi menjadi 4 Zona dan di berlakukan sesuai aturan berdasarkan orang yang terpapar / penyebaran wabah. Untuk itu

Desa berperan memetakan Zona di wilayahnya dan Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.” Tuturnya.

Kemudian sejak dua pekan terakhir Pasien Covid – 19 di wilayah Kabupaten Trenggalek sudah menurun dan ini adalah berkat kerja keras kita bersama. Untuk itu pihaknya meminta kepada masyarakat untuk mendukung dan berkontribusi mengoptimalkan PPKM Mikro sebagai salah satu langkah laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, mengingat bahaya Covid-19 itu nyata. Covid 19 tidak mengenal waktu kapan datangnya. Maka dari itu semuanya wajib disiplin dalam protokol kesehatan karena hanya dengan disiplin protokol kesehatan utamanya penggunaan masker agar kita semua bisa terhindar dari covid 19. Kemudian terobosan dari Polres Trenggalek yang baru saja di launching yakni “Timun Mantap” ( tingkatkan iman kuatkan imun) untuk Polres Trenggalek Melayani Terpercaya Professional. Tukasnya

Selanjutnya, Dandim 0806 turut mengingatkan agar masyarakat tidak lengah dengan tetap menjaga protokol kesehatan meskipun Desa Sumberbening saat ini masuk dalam zona hijau.

“Jaga zona hijau yang saat sekarang sudah disandang dan Motto Desa Sumberbening Manunggal Makaryo Mbangun Deso agar terus di jalankan, baik sumber daya alam dan manusianya perlu di tingkatkan.” Kata Letkol Arh Uun Samson.

Tetap tingkatkan Sinergitas Tiga Pilar Kecamatan dan Desa demi suksesnya pelaksanaan PPKM Mikro dan semoga Desa Sumberbening semakin unggul sehingga membawa nama harum Kabupaten Trenggalek. Sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Plh. Bupati Joko Irianto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan di tahun ini masih dipengaruhi oleh kebijakan refocusing anggaran guna penanganan Covid-19, dan Kampung Tangguh Semeru yang didalamnya ada Posko PPKM Mikro ini adalah untuk mengontrol dan memutus penyebaran Covid -19.

Tak lupa Plh Bupati Trenggalek juga mensupport atas semua terobosan Produk – produk Unggulan di Desa Sumberbening yang sangat baik di kembangkan untuk menyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat Khususnya Produk Kopi.

“Sumber air yang melimpah juga sangat mendukung potensi di wilayah Sumberbening, juga bidang Peternakan sangat baik Khususnya Komunitas peternak Kambing Etawa di Desa Sumberbening.” Imbuhnya.

Program Kampung Tangguh Semeru adalah kegiatan kita bersama dalam rangka mencegah penyebaran Virus Covid – 19 untuk mari kita bersama – sama bergotong royong dalam menangani Covid – 19 serta mudah-mudahan Desa Sumberbening semakin maju. Pungkasnya.