Bhabinkamtibmas Desa Sukorame Dukung Ketahanan Pangan di Desa Binaannya

Polres Trenggalek – Sinergitas TNI Polri di wilayah Kecamatan Gandusari terlihat harmonis dan kompak dalam setiap kegiatan. Hal itu juga nampak dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Sukorame Polsek Gandusari Bripka Yohanita Rahmawati, S. H. dengan Babinsa Desa Sukorame Serka Joko Sugiarto saat kegiatan panen padi di area persawahan Desa Sukorame bersama warga desa binaannya. Minggu (28/02)

Menurut Bripka Yohanita, dirinya setiap harinya bersentuhan dengan warga binaannya dalam rangka silaturrahmi serta mewujudkan stabilitas Kamtibmas yang kondusif dan memberikan peran nyata untuk masyarakat. Dan kebetulan hari ini saat panen padi yang merupakan hasil pertanian unggulan Desa Sukorame.

“Dimasa pandemi ini, petani harus lebih berkreatif dalam mengembangkan tanaman pangan maupun buah buahan sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan yang dicetuskan pemerintah,” terang Bripka Yohanita.

Tidak harus produksi bahan makanan pokok seperti padi dan pala wija,  tetapi petani didorong untuk bisa melihat potensi pasar di masa pandemi ini agar roda perekonomian tetap bisa berjalan.

“Padi sebagai bahan makanan pokok merupakan komoditi utama di sektor pertanian di Desa Sukorame,” imbuhnya.

Saat dihubungi redaksi,  Kapolsek Gandusari AKP Sutrisno, S.H. mengatakan upaya pembinaan Bhabinkamtibmas untuk menjalin kemitraan karena di samping dapat mendekatkan diri dengan masyarakat juga dapat menjalin silaturahmi dan memperbanyak pengalaman dengan para kelompok Petani.

“Kami selalu aktif membantu masyarakat binaannya yang merupakan kegiatan rutin dan sering dilakukan dengan bersinergi dengan stakeholder. Ini untuk mendorong dan menggerakkan petani membuahkan hasil yang maksimal dalam sistem pengolahan dan penanaman hasil pertanian,” pungkas AKP Sutrisno.