Masifkan Patroli Hunting System, Kapolres Trenggalek: Tingkatkan Kepatuhan Prokes

Polres Trenggalek – Keberhasilan Kabupaten Trenggalek menekan angka terkonfirmasi Covid-19 dari zona merah ke zona oranye merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Namun demikian kondisi yang pelan namun pasti semakin baik ini jangan sampai membuat masyarakat terlena.

Guna memastikan kepatuhan terhadap disiplin protokol kesehatan, jajaran Polres Trenggalek bersama dengan instansi terkait kembali menggelar patroli hunting system. Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di kabupaten Trenggalek. Rabu, (3/3).

Dalam kegiatan yang diawali dengan apel bersama di halaman Mapolres ini, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. dan Komandan Kodim 0806 Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, SIP MI.Pol. memimpin langsung jalannya patroli.

Dengan mengendarai sepeda motor, Kapolres dan Dandim berkeliling di seputaran kota dengan rute jalan PB Sudirman, jalan Yos Sudarso menuju Pasar Hewan Kelurahan Tamanan, jalan Agus Salim dan singgah di beberapa Warung kopi yang berada di kelurahan Sumbergedong. Patroli dilanjutkan menuju jalan P. Diponegoro, jalan Ronggo Warsito dan jalan Brigjen Sutran.

Dari patroli hunting system ini sedikitnya 13 orang terjaring lantaran tak mengenakan masker dan diberikan tindakan tegas berupa teguran tertulis dan denda.

Selain tindakan tegas, tim patroli hunting system yang terdiri dari personel Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub ini juga membagikan masker gratis kepada setiap warga yang ditemui.

“Penindakan dilakukan dengan humanis. Kita berupaya menggugah kesadaran masyarakat agar patuh protokol kesehatan sekaligus menimbulkan efek jera” Ujar AKBP Doni.

AKBP Doni menilai, progres penanganan penyabaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek di satu tahun pandemi Covid-19 ini berjalan semakin baik. Hal tersebut terbukti dengan tingkat terkonfirmasi yang menunjukkan tren penurunan dan kesembuhan yang meningkat signifikan.

Demikian pula dengan masyarakat yang semakin tertib dan menjadikan protokol kesehatan khususnya masker sebagai gaya hidup dan kebutuhan.

“Harapan kita, semoga pandemi ini segera berakhir, tentunya dengan dukungan dari semua pihak. Salah satunya adalah kepatuhan terhadap displin prototokol kesehatan. Pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.” Pungkasnya.