Dapati Pengemudi Sepeda Motor Tanpa Helm dan Masker, Aiptu Suwarno: Kami Tindak

Polres Trenggalek – Personel Kepolisian dari Sektor Kampak terus aktif serukan Disiplin Protokol Kesehatan dengan menggelarkan penertiban prokes kepada masyarakat. Upaya penegakan hukum guna mendisiplinkan masyarakat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 ini dilaksanakan setiap kegiatan Kepolisian digelar. Salah satunya saat patroli harkamtibmas. Jumat (5/3).

Sasaran penertiban yang dikemas melalui patroli harkamtibmas ini menyasar beberapa tempat keramaian seperti perbankan pertokoan simpang empat dan jalan baru Desa Bendoagung.

Saat di Jalan Baru, personel Polsek Kampak yang dipimpin Aiptu Suwarno menjumpai seorang pengemudi sepeda motor yang tidak memakai helm dan tidak memakai masker, maka pengemudi tersebut segera dihentikan dan diberikan edukasi.

“Mas, kok tidak pakai helm juga tidak pakai masker?” Sapa Suwarno.

“Maaf pak lupa tadi terburu buru”sahut pengemudi sepeda motor.

Maka dengan tegas dan Humanis Aiptu Suwarno melakukan teguran dan edukasi tentang aturan berlalu lintas dan aturan penggunaan masker dalam rangka cegah penularan Covid-19.

Ditemui usai tugas, Suwarno menjelaskan kepada redaksi “kami terus melakukan penertiban kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, baik saat Ops Yustisi maupun saat patroli Harkamtibmas, upaya ini untuk mendukung percepatan penanganan pencegahan Covid-19 di Kecamatan Kampak,” ujar Aiptu Suwarno.

Saat dilokasi, tak hanya diberikan teguran lisan saja, petugas pun langsung menjatuhkan sanksi berupa penghormatan dan menyanyikan lagu indonesia raya kepada pelanggar Prokes tersebut.

“Upaya preemtif dan preventif sudah kami terapkan. Jika terus melanggar, oknum warga tak segan kami tindak. Ini sebagai efek jera,” tegas Aiptu Suwarno.

“Masyarakat juga terus kami edukasikan untuk menerapkan 5M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Pola 5M sudah menjadi gaya hidup utama untuk menghadapi pandemi saat ini,” sambung Pak Warno.

Masih kata Pak Warno, tak hanya melakukan penindakan terhadap pelanggar Prokes saja, tim gabungan tersebut juga menyampaikan pesan agar warga senantiasa mematuhi tata tertib berlalu lintas utamanya tentang penggunaan helm.

“Masyarakat secara umum tetap kami imbau juga agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Jauh dekat wajib menggunakan helm demi keselamatan saat berkendara,” imbuhnya.