Cegah Demam Berdarah, Polres Trenggalek Lakukan Fogging

Polres Trenggalek – Perhatian Kepolisian Resor Trenggalek terhadap kesehatan anggotanya patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, selain turut berperan aktif dalam upaya pencegahan Covid-19, Polres Trenggalek juga melakukan fogging di sejumlah Mako Polri. Senin, (8/3).

Fogging ini dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti khususnya dilingkungan Kepolisian.

“Iya benar, dibawah koordinasi Urkes Bagsumda hari ini melakukan fogging di Mapolres dan Mapolsek jajaran.” Ujar AKBP Doni.

Perwira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini menegaskan, memasuki musim hujan seperti sekarang ini sangat rentan membawa sumber penyakit salah satunya adalah demam berdarah yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

“Selain fogging kita juga bagikan handsanitizer dan vitamin bagi anggota serta mengimbau agar selalu menjaga kesehatan” Imbuhnya.

Dari pantauan tim redaksi, sejumlah petugas terlihat berkeliling area Mapolres dengan  membawa perangkat fogging. Seluruh ruangan tak luput dari perhatian petugas. Tak butuh waktu lama, ruangan pun sudah dipenuhi dengan asap putih, sementara seluruh personel sudah berada diluar ruangan sembari menunggu kegiatan selesai.

Sebagai informasi, penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penularan terjadi karena nyamuk berperan sebagai medium pembawa virus.

Saat musim hujan seperti saat ini, penyebaran virus oleh nyamuk Aedes aegypti terbilang sangat mudah. Apalagi di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Curah hujan yang tinggi membuat kondisi lingkungan relatif mendukung bagi nyamuk untuk berkembang biak.