Temui Panitia dan Calon, Aipda Agung Ajak Wujudkan Pilkades Aman Damai

Polres Trenggalek – Menanggapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak yang tinggal menghitung hari, Panitia Pilkades Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Watulimo Kecamatan Watulimo mengadakan pembinaan dan penyuluhan kepada kedua calon. Sabtu (14/3).

Bhabinkamtibmas Polsek Watulimo Polres Trenggalek Aipda Agung Sasono, S.H yang hadir bersama Babinsa dan Pj. Kades Watulimo mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai salah satu tahapan persiapan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2021 di Desa Watulimo.

“Selanjutnya, kami mengajak masing-masing calon serta seluruh komponen masyarakat yang terlibat langsung maupun tidak langsung untuk bersinergi dan bahu membahu bersatu bekerjasama dalam menyukseskan gelaran tersebut,” ujar Aipda Agung.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas juga menjelaskan bahwa pihak Kepolisian yang bekerjasama dengan stakeholder yang ada akan terus memantau serta mengawal seluruh tahapan demi terciptanya situasi Pilkades yang aman dan damai.

“Didalam forum ini, kami bahas segala permasalahan yang akan dihadapi pra pemilihan, selama pemilihan serta paska pemilihan, sehingga diharapkan semuanya dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” lanjut Aipda Agung.

Masih kata Aipda Agung, Pilkades tahun ini berbeda dengan sebelumnya mengingat diselenggarakan pada masa Pandemi Covid-19. Pihaknya kembali mengingatkan bahwa terdapat 15 hal baru terkait dengan penerapan protokol kesehatan selama tahapan pemungutan suara berlangsung.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh petugas pengamanan dan stake holder terkait untuk turut serta mengawasi pelaksanannya guna mencegah paparan Covid-19 yang lebih luas.

Ditempat terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum menambahkan bahwa Kepolisian berharap agar Pilkades ini dapat dijadikan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi.

“Dan juga Pilkades bisa dijadikan sarana pemersatu masyarakat, bukan malah sebaliknya. Kami juga berharap kerjasamanya dari semua pihak untuk menyukseskan Pilkades tahun 2021 ini, dan kami juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kerukunan dan persatuan, pilihan boleh beda tapi persaudaraan tetap terjaga. Mari kita wujudkan Pilkades Trenggalek yang aman, sehat dan bermartabat.” pungkasnya.