Beribu Kabar Hoax, Salah Satunya Paku Dalam Kapsul Obat

Polres Trenggalek – Sabtu ( 13/3 ), warung ” bu yuni “, simpang lima dusun, Kasrepan, desa Jombok. Lokakasi kegiatan imbauan kepada warga tentang munculnya kabar Hoax di internet beragam dengan kemajuan teknologi, salah satunya munculnya paku dalam kapsul obat.

 

Beredar sebuah video singkat melalui pesan berantai dan media sosial, tentang paku-paku kecil yang terdapat di dalam obat Enterofuril. Video ini telah viral dan menjadi bahan perbincangan, bahkan di kalangan masyarakat internasional.

Namun setelah dilakukan penelusuran terkait hal tersebut, ditemukan fakta bahwa video paku-paku kecil di dalam obat Enterofuril adalah hoaks. Video paku-paku dalam obat ini awalnya beredar di negara Kazakhstan. Seorang pria menunjukkan video dirinya membuka satu kapsul obat Enterofuril dan kemudian terlihat beberapa paku kecil yang keluar dari dalam obat tersebut.

Video yang viral ini pun mendapat tanggapan dari Komite Pengawasan Medis dan Farmasi Kementerian Kesehatan Republik Kazakhstan telah membantah isu tersebut.

Negara memantau kualitas semua obat yang beredar di wilayah republik dengan menilai kualitas dan melakukan seleksi tahunan obat dari pasar untuk uji laboratorium.

 

Hal ini memperkuat fakta bahwa video yang beredar merupakan konten yang tidak bertanggung jawab.

 

Video tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa hanya ada satu baris di dalam kotak, dan ini memberikan alasan untuk percaya bahwa 8 tablet digunakan dengan aman untuk tujuan yang dimaksudkan baik. Jika paku sudah tertangkap lebih awal, si pembuat video pasti sudah waspada dan tidak akan memakai tablet yang lainnya.

 

Tetapi tampilan lusuh kemasan terlihat jelas menunjukkan bahwa obat tersebut sudah digunakan untuk waktu yang lama dan telah dibuka berulang kali.

Selain itu sampai hari ini, tidak ada satu pun konfirmasi bahwa paku atau benda lain yang dapat membahayakan tubuh manusia, pernah ditemukan dalam kapsul obat Enterofuril ini.

Jadi dapat disimpulkan video yang mengklaim bahwa terdapat paku di dalam kapsul obat berjenis Enterofuril adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

 

” Jadi mari cerdas bermedia digital, mari tangkal kabar hoax dengan saring sebelum sheering,” pungkasnya.