Forkopimda Trenggalek Resmikan Ponpes Tangguh Semeru Al Istikomah

Polres Trenggalek – Kampung Tangguh Semeru di berbagai wilayah di jawa Timur dinilai cukup efektif menekan penyebaran Covid-19. Program pencegahan berbasis kawasan dan kemandirian masyarakat tersebut sukses dikembangkan di berbagai kabupaten/kota termasuk Kabupaten Trenggalek. Tak hanya berkutat pada bidang kesehatan tetapi juga keamanan dan ekonomi masyarakat.

Polres Trenggalek selaku koordinator terus mengembangkan keberadaan Kampung Tangguh Sermeru agar semakin bermanfaat bagi masyarakat maupun komunitas lainnya. Salah satunya adalah mendorong berdirinya Ponpes Tangguh Semeru, yakni Kampung Tangguh yang berada di area pondok pesantren.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat meresmikan Ponpes Tangguh Semeru di pondok pesantren Al Istikomah Desa Karangan Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek mengungkapkan Ponpes dengan jumlah santri yang cukup banyak ditambah dengan aktivitas yang cukup padat relatif rentan terhadap pemularan Covid-19. Rabu, (17/3).

“Dengan peresmian Ponpes Tangguh Semeru ini, kita harapkan tidak ada lagi klaster baru dilingkungan Ponpes. Untuk itu perlu pengawasan yang ketat baik pengasuh maupun civitas lainnya.” Ungkap AKBP Doni

“Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perlindungan kita terhadap para santri agar tetap bisa menimba ilmu dengan nyaman dan sehat. Tentu menjaga komitmen dan konsistensi untuk selalu mematuhi protokol kesehatan” Imbuhnya.

AKBP Doni menuturkan, saat ini Kabupaten Trenggalek telah memiliki 157 Kampung Tangguh Semeru yang tersebar di seluruh desa dan telah berjalan baik. Berbagai kegiatan juga digelar dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

“Hari ini Kabupaten Trenggalek telah berhasil keluar dari zona merah dan beralih ke zona oranye. Disamping itu vaksinasi juga sudah dilakukan sesuai dengan jadwal dan prioritas. Namun saya minta jangan sampai lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan.” Tambahnya.

Senada, Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara yang juga turut hadir dalam acara tersebut menekankan pentingnya protokol kesehatan dalam upaya mencegah paparan Covid-19.

“Patuhi 5M. Gunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak aman, menhindari kerumunan dan mengurangi mobilitas” Ujarnya.

Sebagai informasi, peresmian Ponpes Tangguh Semeru tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Trenggalek didampingi oleh jajaran Forkopimda serta disaksikan oleh segenap civitas Ponpes Al Istikomah serta penandatangan prasasti peresmian.

Dilanjutkan peninjauan beberapa fasilitas pendukung pencegahan dan penanganan Covid-19 diantaranya dapur umum, ruang observasi, pos kesehatan pesantren, ruang isolasi putra dan putri.

Turut hadir antara lain Dandim 0806 yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf.Sapto Tiyarto SPd., Pejabat Utama Polres Trenggalek, Muspika Kecamatan karangan, tiga pilar dan gugus tugas Desa Karangan serta pengurus dan santri Ponpes Al Istikomah.