Inspiratif, Bhabinkamtibmas Desa Sobo Bersama Petani Tanam Ubi Porang Sebagai Ketahanan Pangan Nasional


Polres Trenggalek – Aiptu Agus Prasetyo seorang Anggota Polisi dari Polsek Munjungan, disela-sela kesibukannya sebagai polisi mampu menjadi sosok inspiratif.

Lulusan Bintara Polri tahun 93/94 ini selain aktif di desa Sobo sebagai anggota Bhabinkamtibmas, dirinya juga aktif dibidang pertanian menanam ubi porang.

Kini usianya memasuki 46 tahun. Bapak dari dua anak itu menggeluti dunia pertanian porang sejak September 2020 lalu. Walaupun belum lama dalam dunia porang, namun sebelumnya Ia sudah lama terjun dibidang pertanian. Hal tersebut dilakukannya diwaktu luang setelah usai melaksanakan dinas.

Kini dirinya dipercaya oleh para petani di desa Binaannya sebagai Ketua PPPT (Perkumpulan Petani Porang Trenggalek) ditingkat Desa Sobo.

Saat dikonfirmasi Sore tadi, Selasa (16/3/21), dirinya menceritakan awal mula kecintaannya terhadap pembudidayaan ubi porang karena sangat menjanjikan dan penanamannya mudah. Dirinya juga telah memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami porang selain diladang miliknya.

“Dimasa pandemi Covid 19 seperti saat ini, banyak masyarakat yang mengeluh karena perekonomian sulit. Dengan modal pengetahuan saya tentang budidaya porang, maka ini saya terapkan ke warga masyarakat, sebagai ketahanan pangan” ujar Agus.

Sudah banyak warga masyarakat yang diajarkan tentang tata cara pembudidayaan, mulai dari pembibitan di polybag hingga tata cara penanaman pada lahan.

Agus mengatakan bahwa awalnya ini sulit dikenalkan pada petani. Namun berkat kegigihannya dalam memberikan inspirasi dan edukasi bahwa porang itu mempunyai prospek yang cukup menjanjikan dan penanamannya mudah, maka banyak masyarakat yang bergabung dalam budidaya Porang.

Agus menambahkan, sebagai Bhabinkamtibmas mempunyai tanggung jawab untuk membantu dan memberikan motivasi kepada warga di wilayah desa Binaannya yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Apalagi sekarang sudah memasuki musim tanam. “saya berharap para petani disini dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk produktif karena saat ini musim penghujan sehingga tepat untuk mulai menanam,” Imbuhnya. (*).