Pastikan Kondusif, Polres Trenggalek Tingkatkan Patroli di Pusat Keramaian

Polres Trenggalek – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tak membuat petugas Kepolisian mengurangi kegiatannya dalam menjaga Kamtibmas yang kondusif di wilayahnya.

Ditengah kesibukannya dalam percepatan penanganan penyebaran Covid-19, Kepolisian Resor Trenggalek tetap menggelar patroli untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh unit patroli Satsabhara Polres Trenggalek ini. Sejak pagi hari telah menunaikan tugasnya berkeliling mengantisipasi terjadinya kriminalitas maupun kejahatan jalanan lainnya.

Kasatsabhara Polres Trenggalek AKP Anwar, S.H. mengatakan, tugas rutin tetap dilaksanakan seperti biasa. Pengamanan, patroli dan upaya pencegahan dengan menghadirkan petugas khususnya pada lokasi-lokasi padat aktivitas tak berkurang sama sekali.

“Patroli kita arahkan pada tempat-tempat keramaian, rawan kejahatan termasuk pelanggaran prokes seperti terminal Bus Surodakan, area pasar, taman bermain, toko emas, lokasi wisata dalam kota maupun pusat perbelanjaan.” Ungkap AKP Anwar.

Metode patroli yang diterapkan adalah kombinasi antara patroli menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat dengan patroli jalan kaki. Jadi, saat menyambangi lokasi sasaran petugas akan turun dari kendaraan dan berpatroli jalan kaki sembari menyapa masyarakat.

Menurutnya, interaksi langsung dengan masyarakat ini sangat penting untuk menampung informasi-informasi yang bermanfaat khususnya yang berkaitan langsung dengan pemeliharaan Kamtibmas sehingga petugas dilapangan dapat merespon secara cepat.

Disamping itu, mengingat saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, petugas dilapangan juga menyampaikan imbauan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan demi terhindar dari penularan virus berbahaya tersebut.

“Sambil ngobrol ringan dengan warga kita sisipkan pesan-pesan Kamtibmas sekaligus kampanye protokol kesehatan. Ibarat kata, sekali dayung dua tiga pulai terlampaui. Kamtibmas tetap terjaga dan disiplin protokol kesehatan masyarakat meningkat.” Pungkasnya.